Material lumpur dan kayu yang terbawa saat terjadi banjir bandang pada Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara, Senin (20/9). Sumber Foto : BPBD Kab. Minahasa Tenggara.
Material lumpur dan kayu yang terbawa saat terjadi banjir bandang pada Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara, Senin (20/9). Sumber Foto : BPBD Kab. Minahasa Tenggara.

Banjir Bandang di Minahasa Tenggara, 3 Bangunan Hanyut

Nasional hujan banjir banjir bandang Bencana Banjir
Lukman Diah Sari • 21 September 2021 07:41
Jakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daereah (BPBD) Minahasa Tenggara melakukan pendataan dampak banjir bandang di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Ratahan dan Ratahan Timur, Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara. Sebanyak tiga bangunan hanyut.
 
"Banjir bandang membawa material kayu dan lumpur dari pegunungan Manimporok," ujar
Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, melalui keterangan resmi, Selasa, 21 September 2021.
 
Bencana itu terjadi pada Senin, 20 September 2021, dengan ketinggian air berkisar 200 hingga 300 sentimeter. Data sementara, pada Senin sore, 20 September, peristiwa ini mengakibatkan 33 unit rumah terdampak dan tiga bangunan hanyut di Kecamatan Ratahan, dengan rincian rumah warga satu unit, kios satu dan bengkel satu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sedangkan di Ratahan Timur, banjir bandang berdampak pada rumah warga 17 unit dan satu balai," ungkapnya.
 
Baca: Belasan Provinsi Hadapi Potensi Hujan Lebat dan Banjir
 
Dia menerangkan, petugas BPBD setempat segera melakukan upaya penanganan darurat dengan menyiagakan tim reaksi cepat, salah satunya evakuasi warga dan kaji cepat di lapangan.
 
BPBD juga telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan keselamatan warga yang terdampak di dua kecamatan tersebut. Selain itu, personel BPBD Kabupaten Minahasa Tenggara pun turut membantu penanganan darurat di wilayah terdampak.
 
Berdasarkan analisis InaRISK, Kabupaten Minahasa Tenggara termasuk wilayah dengan potensi banjir bandang dengan kategori sedang hingga tinggi. Sebanyak 10 kecamatan berada pada kategori tersebut, salah satunya Kecamatan Ratahan dan Ratahan Timur.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif