ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Kasus Aktif Covid-19 Kabupaten Malang Terbanyak Kedua di Jatim

Daviq Umar Al Faruq • 23 November 2022 14:17
Malang: Kasus aktif covid-19 di Kabupaten Malang, Jawa Timur, tercatat ada sejumlah 178 kasus per Selasa, 22 November 2022. Berdasarkan catatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, kasus aktif covid-19 di Kabupaten Malang ini menempati urutan kedua di Jawa Timur.
 
Bupati Malang, M Sanusi, mengatakan, secara persentase, angka kasus aktif covid-19 saat ini tidak banyak dibandingkan dengan jumlah penduduk di Kabupaten Malang. Rata-rata warganya yang terjangkit covid-19 ini bekerja di luar Kabupaten Malang.
 
"Mayoritas penularan terjadi pada warga Kabupaten Malang yang bekerja ke luar kota," kata Sanusi, Rabu, 23 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sanusi menegaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang kini tengah berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk kembali menerapkan protokol kesehatan (prokes). Salah satunya dengan menggalakkan sosialisasi penggunaan masker.
 
Baca: 1.754 Warga di Kota Bekasi Positif Covid-19

"Sosialisasi penerapan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker akan kita tingkatkan lagi," imbuhnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, drg Wiyanto Wijoyo, mengatakan peningkatan kasus covid-19 di Kabupaten Malang mulai terlihat sejak dua pekan terakhir. Ia menduga peningkatan kasus ini terjadi lantaran penularan transmisi lokal di Jawa Timur.
 
"Penularan ini diduga karena mobilitas warga keluar masuk wilayah Kabupaten Malang," katanya.
 
Oleh karena itu, Wiyanto mengimbau masyarakat Kabupaten Malang agar tetap menjaga kesehatan. Terutama dengan menerapkan prokes untuk meminimalisasi terinfeksi covid-19.
 
"Kami juga akan terus melakukan upaya promotif dan preventif untuk mencegah penularan, serta mengoptimalkan pelayanan kesehatan di masing-masing wilayah, sebagaimana imbauan Pemerintah Provinsi Jawa Timur," jelasnya.
 
Sebagai informasi, berdasarkan catatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur per Selasa, 23 November 2022, jumlah kasus covid-19 di Kota Malang ada sebanyak 27.735 kasus. Dari jumlah itu tercatat ada sejumlah 178 kasus aktif. 
 
Sementara itu, dari total keseluruhan jumlah kasus covid-19 itu, ada 26.493 pasien yang telah dinyatakan sembuh. Sedangkan, 1.064 pasien dilaporkan meninggal dunia akibat covid-19.
 
Jumlah kasus aktif covid-19 di Kabupaten Malang saat ini menempati urutan kedua di Jawa Timur. Jumlah kasus aktif Kabupaten Malang masih di bawah Kota Surabaya dengan jumlah 609 kasus.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif