Peresmian monumen KRI Nanggala 402 diwarnai isak tangis keluarga (Foto / Metro TV)
Peresmian monumen KRI Nanggala 402 diwarnai isak tangis keluarga (Foto / Metro TV)

Isak Tangis Warnai Peresmian Monumen KRI Nanggala 402

Nasional Kapal Selam TNI AL KRI Nanggala (402) surabaya Jawa Timur
Clicks.id • 16 Januari 2022 14:31
Surabaya: Isak tangis mewarnai peresmian monumen KRI Nanggala 402 di Pangkoarmada II Surabaya, Sabtu, 15 Januari 2022. Tangis para istri dan keluarga korban KRI Nanggala 402 ini pecah saat diberi kesempatan meletakkan bunga di prasasti monumen. Satu di antara mereka bahkan sempat pingsan, sehingga harus dibopong ke ruang medis.
 
Mereka tak kuasa menahan sedih, mengenang para suami yang gugur bersama KRI Nanggala 402 di Selat Bali beberapa waktu lalu. Monumen KRI Nanggala dibangun di kompleks markas Armada II Surabaya. 
 
Monumen menyerupai replika KRI Nanggala 402 itu dibangun cukup megah, lengkap dengan sejumlah prasasti serta foto dan nama-nama prajurit yang gugur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Basarnas Cari Kapal Berpenumpang 9 Hilang di Perairan Ternate
 
Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan langsung monumen ini. Yudo mengatakan, pembangunan monumen tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan KRI Nanggala 402 yang gugur.
 
"Ini sebagai wujud penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan KRI Nanggala 402 yang gugur di medan tugas demi dharma bakti kepada Ibu Pertiwi," katanya.
 
Dia berharap kehadiran monumen tersebut bisa menjadi ruang memori untuk mengingat kepahlawanan para prajurit Hiu Kencana. Hal itu penting untuk menginspirasi semangat juang generasi penerus TNI AL dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.
 
"Monumen KRI Nanggala 402 di lingkungan Koarmada II juga akan semakin menguatkan identitas Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Tempat lahirnya para patriot bangsa yang mengabdikan jiwa dan raganya untuk kejayaan bangsa dan negara," ungkapnya.
 
Dia memastikan Monumen KRI Nanggala 402 nantinya akan dibuka untuk umum sebagai destinasi wisata sejarah kemaritiman dan wahana pembentukan karakter sebagai bangsa bahari. 
 
Baca juga:  TNI AL Bangun Monumen Kapal Selam Kenang KRI Nanggala 402
 
Ketua Panitia pembangunan Monumen KRI Nanggala 402 Laksamana Pertama TNI Supardi, menjelaskan, pembangunan monumen berlangsung selama 75 hari, mulai 27 September sampai 10 Desember 202. Monumen ini terdiri atas dua bagian, pertama outdoor dalam posisi berlayar dan bertempur persiapan melaksanakan operasi.
 
Lanskap monumen memadukan unsur visual daratan dan perairan yang dikemas secara estetis dan dinamis yang bermakna simbolis wilayah Nusantara. Selain itu wall of memorial yang mengabadikan nama-nama para pahlawan KRI Nanggala 402. 
 
Kedua area indoor, menampilkan narasi dan gambar serta infografis yang merepresentasikan jejak pengabdian KRI Nanggala 402, lintasan sejarah kapal selam TNI AL, termasuk foto profil para komandan dari masa ke masa serta profil 53 prajurit KRI Nanggala 402.
 
Selain itu proses evakuasi serta simpati dari dalam dan luar negeri terhadap para pahlawan KRI Nanggala-402 dengan ahli warisnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif