ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Pemkot Denpasar Larang ASN Mudik Pakai Mobil Dinas

Nasional Mudik Lebaran pns hari raya idul fitri ASN Lebaran 2022
Antara • 17 April 2022 17:17
Denpasar: Pemerintah Kota Denpasar, Provinsi Bali, melarang aparat sipil negara (ASN) menggunakan mobil dinas untuk mudik Lebaran 1443 Hijriah. Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar Ketut Sriawan mengatakan semua ASN harus mematuhi ketentuan yang tertuang dalam Surat Edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
 
"Sebagai ASN harus menjadi contoh baik kepada masyarakat sehingga ASN wajib taat pada aturan tersebut. Oleh karena itu kepala kantor setempat harus mensosialisasikan aturan sejak awal," kata Sriawan, Minggu, 17 April 2022.
 
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sudah meminta pejabat pembina kepegawaian pada instansi pemerintah untuk memastikan seluruh pejabat dan/atau pegawai tidak menggunakan kendaraan dinas untuk kepentingan mudik. Pemerintah juga sudah mengeluarkan ketentuan mengenai pengajuan cuti ASN selama masa mudik Lebaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Bupati Bangka Ancam Copot ASN Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik
 
Larangan penggunaan mobil dinas untuk mudik tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri PANRB Nomor 13 Tahun 2022 tentang Cuti Pegawai Negeri Sipil Negara Selama Periode Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah. Kebijakan ini diteken pada 13 April 2022.
 
Surat edaran ini memerintahkan para pejabat pembina kepegawaian (PPK) di masing-masing instansi melakukan pengawasan. Mereka diminta memastikan seluruh pejabat serta pegawai, tidak menggunakan kendaraan dinas untuk kepentingan mudik, berlibur, atau lainnya selain kepentingan dinas.
 
PPK dapat menetapkan pengaturan teknis serta langkah-langkah yang diperlukan bagi instansi masing-masing. Sekaligus, memberikan hukuman disiplin kepada ASN yang melanggar.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif