Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Penerapan Protokol Kesehatan di Nias Diklaim Meningkat

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 protokol kesehatan
Antara • 22 Oktober 2020 13:28
Nias: Satuan Tugas Covid-19 Kepulauan Nias, Sumatra Utara, mencatat kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan mencegah covid-19 meningkat. Kesimpulan itu berdasakan riset di sejumlah lokasi keramaian.
 
"Dari setiap lokasi yang didatangi oleh tim gugus tugas, diperoleh sampel bahwa dari 10 pengunjung hanya dua yang tidak mengikuti protokol kesehatan," ujar Wakil Komandan Satuan Tugas Covid-19 Kepulauan Nias, AKBP Parulian Siregar, di Nias, Kamis, 22 Oktober 2020.
 
Pihaknya, kata dia, menyimpulkan kesadaran masyarakat telah meningkat dalam mencegah penyebaran covid-19. Yakni dengan mengikuti protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Gugus tugas telah melakukan segala strategi untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 di Kepulauan Nias. Kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan juga semakin baik," imbuhnya.
 
Baca:15 Pesantren di Jateng Jadi Duta Jogo Santri
 
Ia mengatakan, Gugus Tugas melakukan pencegahan dengan melakukan kerja sama dengan TNI, Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN). Mereka dijadikan penggerak untuk mendorong tokoh adat, tokoh agama, forum lintas umat beragama, badan kemakmuran mesjid, pendeta, camat, kepala desa ikut dalam pencegahan covid-19.
 
"Seluruh kelompok masyarakat kita usahakan sinergitas dalam menanggulangi penyebaran covid-19," terangnya.
 
Dia menerangkan, tim Gugus Tugas mengupayakan agar dalam jiwa masyarakat menjadikan covid-19 musuh bersama. Sebab hal tersebut merupakan kekuatan yang besar dalam mencegah penularan covid-19.
 
Baca:Pemerintah Diminta Transparan soal Vaksinasi Covid-19
 
Dia mengungkap, ada sebanyak 577 warga Kepulauan Nias terkonfirmasi positif covid-19. Dari 577 warga, sebanyak 497 orang telah dinyatakan sehat dan 10 orang meninggal.
 
Sisanya, sebanyak 80 orang masih menjalani isolasi. Dengan rincian, 10 di antaranya dirawat di Rumah Sakit Umum Gunungsitoli.
 
"Kita berharap ke depan penanganan lebih bagus, dengan menganggap covid-19 musuh bersama," tukasnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif