Pedagang sembako di Pasar Anom Sumenep sedang menunggu pembeli. (Foto: Medcom.id/Rahmatullah)
Pedagang sembako di Pasar Anom Sumenep sedang menunggu pembeli. (Foto: Medcom.id/Rahmatullah)

Harga Pangan di Sumenep Stabil

Nasional kenaikan harga pangan
Kuntoro Tayubi, Rahmatullah • 09 April 2020 12:28
Sumenep: Harga pangan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, stabil jelang ramadan dan selama pandemi covid-19. Masyarakat tetap bisa mendapatkan kebutuhan sehari-hari tanpa khawatir kekurangan stok.
 
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdangan (Disperindag) Sumenep, Agus Dwi Saputra, mengatakan tak ada kenaikan signifikan pada produk sembako dan komoditas lainnya. Seperti di Pasar Anom dan Bangkal, Kecamatan Kota.
 
“Hanya harga gula yang naik. Tiga minggu kemarin kisaran Rp14 ribu per kilogram (kg), sekarang Rp18.500 per kg. Harga naik karena stok dari pusat memang kurang,” papar Agus, Rabu, 8 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, harga daging sapi saat ini Rp120 ribu per kg, ayam ras Rp32 ribu per kg, ayam kampung Rp80 ribu per kg. Kemudian, harga beras premium Rp12 ribu per kg, beras medium Rp11 ribu per kg, sedangkan beras lokal Rp10 ribu per kg.
 
Baca juga:Bupati Brebes Siapkan Sanksi untuk PNS yang Mudik
 
Begitu juga harga telur ayam ras, bertahan di harga Rp24 ribu per kg sedangkan telur ayam kampung Rp23 ribu.
 
"Cabai merah besar juga tetap seharga Rp25 ribu per kg. Cabai rawit Rp50 ribu, bawang merah Rp40 ribu, dan bawang putih Rp38 ribu per kg," jelasnya.
 
Hal serupa juga terjadi di Kota dan Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Stok sembako seperti beras, telur, gula, daging hingga komoditas bawang aman hingga beberapa bulan ke depan.
 
"Hingga saat ini belum ada lonjakan permintaan komoditas. Selama masa lock down lokal, kami tawarkan ke Pemkot Tegal untuk melakukan operasi pasar," kata Kepala Pimpimam Cabang Bulog wilayah IV Pekalongan, Ari Afriansyah.
 
Khusus beras, imbuh Ari, stok saat ini mencapai 30 ton. Dengan asumsi konsumsi tiga hingga lima ribu ton per bulan, stok beras aman untuk enam bulan ke depan.
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif