FGD Dalam Rangka Menegakkan Protokol Kesehatan guna Menghadapi Hari Raya Idul Adha 1441 H di Masa Pandemi Covid-19 bersama Takmir Masjid se Wilayah Hukum Polres Malang, Rabu, 29 Juli 2020.  Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq
FGD Dalam Rangka Menegakkan Protokol Kesehatan guna Menghadapi Hari Raya Idul Adha 1441 H di Masa Pandemi Covid-19 bersama Takmir Masjid se Wilayah Hukum Polres Malang, Rabu, 29 Juli 2020. Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq

Malang Perbolehkan Masjid di Zona Hijau Gelar Salat Iduladha

Nasional Virus Korona
Daviq Umar Al Faruq • 29 Juli 2020 17:11
Malang: Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Malang mengimbau seluruh masyarakat menerapkan protokol kesehatan covid-19 saat perayaan Iduladha selama masa pandemi covid-19 di wilayah Kabupaten Malang.
 
Wakil Ketua Kemenag Kabupaten Malang, M Sodiq, mengatakan aturan mengacu Surat Edaran Menteri Agama dalam perayaan Iduladha demi mencegah penyebaran covid-19.
 
"Masjid yang boleh melaksanakan salat Iduladha, adalah masjid yang berada di zona yang terbilang hijau dan aman dari covid-19," kata Sodiq
di Malang, Rabu, 29 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 13 Desa di Aceh Utara Terendam Banjir
 
Masjid yang hendak menggelar salat Iduladha dihimbau untuk melapor terlebih dahulu kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Malang. Rumah ibadah juga diwajibkan menerapkan protokol kesehatan kepada jemaah.
 
"Untuk warga yang berasal dari luar kota agar melaporkan terlebih dahulu kepada Gugus Tugas Covid-19. Apabila wilayah tersebut tebilang zona kuning maka tidak boleh dilaksanakan kegiatan ibadah Iduladha berjemaah. Takmir masjid menyediakan Masker dan tempat cuci tangan serta melakukan pembersihan rumah ibadah dengan desiinfektan secara berkala," ungkapnya.
 
Selain itu, ada beberapa kriteria bagi jamaah yang dapat melakukan salat Iduladha. Yakni wajib dalam keadaan sehat, memakai masker, menghindari kontak fisik, menghindari berkerumun. Untuk jamaah lansia dan jamaah dengan penyakit bawaan yang memicu covid-19 dianjurkan beribadah di rumah.
 
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Malang, Fadhol Hija, mengatakan MUI pusat telah menerbitkan Surat Edaran terkait pencegahan penyebaran covid-19. Selain itu fatwa ulama juga telah dikeluarkan pada 6 Juli 2020 nomor 26 tahun 2020 tentang penyelenggaraan salat Iduladha dan Penyembelihan Hewan Kurban dalam mencegah covid-19
 
"Menjaga kesehatan lebih baik daripada masuk rumah sakit. Masjid yang bersih dan terjaga merupakan tanggungjawab pengurus masjid. Dengan kita sepakat bergerak bersama mencegah covid-19 maka ekonomi produktif dan ibadah tidak terganggu," katanya.
 
Sementara Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar, mengatakan hingga saat ini terdapat 178 pasien konfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Malang yang masih dirawat. Angka kematian covid-19 sangat tinggi yaitu 42 orang dan terdapat 250 orang yang sudah sembuh.
 
Terdapat dua Kecamatan yang masih hijau yaitu Kecamatan Tirtoyudo dan Kecamatan Bantur dan tingkat penularan tertinggi Kecamatan Lawang dan Kecamatan Singosari.
 
"Pemerintah mengizinkan masyarakat di luar rumah dengan melaksanakan sesuai protokol kesehatan. Terkait dengan Salat Iduladha kami memberikan saran agar mengatur pelaksanaan di masjid maupun di lapangan," ungkap Hendri.
 

(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif