Ilustrasi penyebaran virus korona. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi penyebaran virus korona. Medcom.id/M Rizal

Satu Keluarga Asal Jakarta Positif Covid-19 saat Mudik ke Aceh

Nasional Virus Korona
Antara • 01 Agustus 2020 05:12
Meulaboh: Empat orang anggota keluarga asal DKI Jakarta positif covid-19 saat mudik ke Desa Gunong Kleng, Meureubo, Aceh Barat, Aceh. Keempatnya dinyatakan positif covid-19 berdasarkan hasil tes usap (swab) Balitbangkes Aceh, Jumat, 31 Juli 2020.
 
"Empat warga asal Jakarta Timur ini sebelumnya pulang ke Aceh Barat untuk merayakan Iduladha 1441 Hijriyah," kata petugas Tim Gugus Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Aceh Barat, Irsadi Aristora di Meulaboh, Jumat sore, 31 Juli 2020.
 
MA, 41, ER, 41, serta dua orang anaknya masing-masing BA, 16, serta MF, 12, tercatat beralamat di Koja, Jakarta Timur. Keempatnya tiba di Meulaboh, Aceh Barat, pada Minggu, 26 Juli 2020, menggunakan mobil pribadi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mereka mudik ke rumah orang tua dari ER, 41, di Desa Gunong Kleng. Saat keempat warga tersebut tiba, mereka tidak memiliki surat kesehatan yang diterbitkan dari otoritas kesehatandi Jakarta.
 
Karena tidak memiliki surat keterangan kesehatan, keempat warga tersebut kemudian dilakukan uji tes cepat (rapid test). Hasil repid test tiga orang negatif, sementara BA dinyatakan reaktif.
 
Keempatnya diarahkan Tim Gugus Tugas Covid-19 Aceh Barat ke Laboratorium Kesehatan Daerah Aceh Barat untuk tes usap. Mereka dianjurkan mengisolasi mandiri dan diawasi oleh satgas desa sambil menunggu hasil swab.
 
“Berdasarkan hasil swab yang terbit pada Jumat, 31 Juli 2020, keempat warga tersebut kemudian dinyatakan positif covid-19,” katanya.
 
Sampai Jumat petang, keempatnya menolak dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainal Abidin, Banda Aceh, oleh petugas Gugus Tugas Covid-19 Aceh Barat. Hingga Jumat malamm aparat desa dan keluarga asal DKI Jakarta masih dimediasi agar bersedia dirawat ke rumah sakit.
 

(SUR)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif