ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Pemkab Gunungkidul Sediakan Ratusan Spot Internet Gratis untuk Belajar

Nasional Virus Korona
Ahmad Mustaqim • 14 Agustus 2020 15:56
Gunungkidul: Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyediakan ratusan spot yang menyediakan akses internet (WiFi) gratis untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau online. Jaringan internet itu dipilih di titik blind spot.
 
"Sudah 810 titik internet gratis yang dipasang, termasuk di sekolah sekolah dan kantor pemerintahan," kata Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi, di Gunungkidul, Jumat, 14 Agustus 2020.
 
Baca: Jepara Keluar dari Zona Merah Covid-19

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan pemerintah berupaya memperluas jangkauan akses internet gratis sejak 2016. Menurut dia perluasan akses internet bertujuan untuk mengurangi titik-titik blind spot di berbagai lokasi.
 
Immawan mengakui jaringan internet menjadi kendala siswa untuk PJJ selama pandem covid-19. Ia berharap penambahan jangkauan jaringan internet bisa mempermudah proses PJJ.
 
"Jadi murid-murid tinggal datang ke lokasi WiFi untuk mendapat akses internet gratis. Harapannya bisa membantu orang tua tak harus mengeluarkan biaya pulsa untuk paket data internet," jelasnya.
 
Kepala Bidang Layanan Informatika Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Gunungkidul, Setiyo Hartanto, mengatakan rendahnya kecepatan akses internet di wilayahnya masih ada di berbagai titik. Selain menambah jangkauan, pihaknya juga melakukan penambahan kecepatan akses internet.
 
Pihaknya menarget jangkauan akses jaringan internet gratis bisa mencapai 1.000 titik pada akhir 2020. Proses penambahan ini sedang pada tahap lelang untuk 210 sekolah, dari SD hingga SMP lewat dana APBD perubahan.
 
"Harapannya segera bisa menambah kecepatan akses internet tahun ini," kata Hartanto.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif