NEWSTICKER
ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.
ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.

21 ABK Asal Tiongkok di Sulsel Negatif Korona

Nasional Virus Korona
Muhammad Syawaluddin • 08 Februari 2020 15:27
Makassar: 21 anak buah kapal (ABK) Kargo asal Tiongkok yang ditahan oleh petugas Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Biringkassi Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, saat hendak bersandar dinyatakan negatif virus korona.
 
"Setelah diperiksa secara khusus oleh tim karantina KKP, semua dinyatakan negatif," kata Petugas Kesyahbandaran UPP Pangkep, Kurniawan Agung, saat dikonfirmasi, Sabtu, 8 Februari 2020.
 
Agung mengatakan saat ini kapal bersama dengan semua awak telah bersandar di Pelabuhan Biringkassi, Pangkep, Sulawesi Selatan. Hanya saja untuk sementara baik nakhoda maupun awak kapal lainnya belum diizinkan untuk turun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara Koordinator Wilayah Kerja Pelabuhan Khusus Biringkassi Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar, Zulkarnain Amiruddin, mengatakan untuk saat ini semua awak kapal Tiongkok Genco Brougogne itu masih harus menunggu selama enam hari untuk bisa turun dari kapal.
 
"Saya imbau tidak ada yang menyentuh kapal tersebut karena masih dalam masa inkubasi sampai enam hari," kata Zulkarnain.
 
Hal itu dilakukan untuk menghindari virus korona. Apalagi sebelum bersandar di Pelabuhan Biringkassi, Pangkep, kapal yang rencananya akan memuat bahan baku semen dari PT. Semen Tonasa itu berada di Hongkong selama delapan hari.
 
"Semua suhu tubuh (awak kapal) 36 hingga 37 derajat, tidak ada yang sampai 38 suhunya. Tapi, selama enam hari kedepan kita akan tetap awasi," pungkas Zulkarnain.
 
Kapal kargo asal Tiongkok itu sebelumnya dihentikan oleh petugas saat hendak masuk ke wilayah Pangkep, Sulawesi Selatan. Setelah diperiksa dalam kapal itu ada sebanyak 21 ABK asal Tiongkok.
 
Sehingga petugas ke syahbandaran bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) melakukan pemeriksaan terhadap kapal dan anak buah kapal (ABK). Sebelum masuk ke wilayah Kabupaten Pangkep.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif