Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil usai mendapatkan suntikan vaksin covid-19. (Foto: Medcom.id/Roni Kurniawan)
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil usai mendapatkan suntikan vaksin covid-19. (Foto: Medcom.id/Roni Kurniawan)

Ridwan Kamil Jaga Kondisi Fisik Jelang Penyuntikan Vaksin Kedua

Nasional ridwan kamil Virus Korona vaksin covid-19
Antara • 09 September 2020 18:50
Bandung: Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Kang Emil mengaku menjaga kondisi fisiknya agar tetap prima untuk menghadapi penyuntikan kedua sebagai relawan vaksin covid-19 buatan Sinovac, Tiongkok.
 
"Nanti 14 September 2020, kami yang menjadi relawan vaksin akan dites kedua. Saya berharap semua proses uji klinis vaksin ini bisa berjalan lancar," katanya, di Kota Bandung, Rabu, 9 September 2020.
 
Sebelumnya, orang nomor satu di Provinsi Jabar itu menjalani penyuntikan pertama dalam tahapan uji klinis fase tiga vaksin covid-19 buatan Sinovac, di Puskesmas Garuda, Kecamatan Andir, Kota Bandung, pada Jumat, 28 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Rumah Dinas Wabup Tuban Jadi Tempat Karantina Covid-19
 
Dia menjalani penyuntikan vaksin bersama Pangdam III/Siliwangi Mayjen Nugroho Budi Wiryanto, Kepala Kejati Jabar Ade Eddy Adhyaksa, dan Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi.

Setelah 14 hari pasca-penyuntikkan pertama, Kang Emil dan relawan lain mengisi laporan suhu rutin dan anomali yang dirasakan tubuh setiap hari dan ada sekitar sembilan potensi reaksi yang harus dilaporkan jika terjadi. Mulai dari gejala ringan sampai agak berat.
 
"Semoga tes vaksin kedua (lancar), nanti selanjutnya diambil sampel darah sampai Desember. Mohon doanya itu berhasil, sehingga kita bisa memproduksi dan memberikan vaksinasi kepada warga Jabar dan warga Indonesia," kata dia.
 
(MEL)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif