NEWSTICKER
ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Pemkot Semarang Anggarkan Rp27 Miliar untuk Tes Massal Korona

Nasional Virus Korona
Mustholih • 23 Maret 2020 13:20
Semarang: Pemerintah Kota Semarang menyiapkan anggaran Rp27 miliar untuk menanggulangi penyebaran virus korona covid-19. Rencananya anggaran ini digunakan untuk menyelenggarakan tes kesehatan massal kepada sepuluh warga Kota Semarang terutama yang masuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP).
 
"Dana ini bersumber dari pergeseran APBD Pemerintah Kota Semarang serta dana tak terduga. Nantinya akan digunakan untuk membeli peralatan medis, obat, vitamin, cairan antiseptik, disinfektan, pakaian pelindung diri, dan kapsul evakuasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam, di Semarang, Senin, 23 Maret 2020.
 
Hakam menjelaskan tes kesehatan massal (rapid diagnostic test) akan dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah K.M.R.T. Wongsonegoro sebanyak 2.480 tes dan Dinas Kesehatan Kota Semarang sebanyak 7.920 tes.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hakam mengungkap Dinas Kesehatam Kota Semarang sedang menggodok teknis penyelenggaraan tes kesehatan massal. "Penggunanaan anggaran ini khusus untuk penanggulangan virus korona di Kota Semarang," jelas Hakam.
 
Sementara Direktur RSUD KRMT Wongsonegoro, Susi Herawati, mengatakan tes kesehatan massal merupakan langkah awal Pemerintah Kota Semarang mengidentifikasi warganya yang terjangkit virus korona. "Kita akan lakukan dengan mengambil sample darah. Kalau positif akan kita lakukan dengan swab tenggorokan, kemudian kita kirim ke lab," jelas Susi.
 
Apabila dalam tes kesehatan massal ini ada warga yang dinyatakan negatif, Susi menegaskan, akan memeriksa lagi kesehatan mereka paling cepat sepekan kemudian. "Di hari ketujuh sampai kesepuluh akan kita test lagi. Kalau tetap negatif berarti yang bersangkutan kita nyatakan negatif," pungkas Susi.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif