Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani

Gaji Guru Honorer di Sulsel Diusulkan Rp15 Ribu per Jam

Nasional tenaga honorer Guru Honorer
Muhammad Syawaluddin • 05 Agustus 2020 18:37
Makassar: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan tengah mengupayakan kenaikan upah guru honorer Rp15 ribu per jam dari sebelumnya Rp10 ribu per jam. Usulan itu rencananya masuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2020.
 
"Kita estimasikan Rp15.000 per jam. Akan kita hitung kemungkinannya berapa, ketersediaan anggarannya berapa," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Basri, Rabu, 5 Agustus 2020.
 
Ia menjelaskan kenaikan gaji guru honorer masih dalam tahap perhitungan di Disdik Sulawesi Selatan. Namun dia berjanji usulan akan selesai sebelum pembahasan APBD perubahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kenaikan upah juga sebagai upaya memberikan dukungan kepada tenaga honorer, khususnya guru, sehingga kesejahteraan mereka bisa naik seiring dengan peningkatan kompetensi.
 
Baca juga:Sekda Tangerang Selatan Mundur
 
"Tapi ini juga harus dihitung berapa ketersediaan yang bisa dibayar oleh dana bos di sekolah, kemudian berapa selisih yang akan kita upayakan lewat APBD," jelasnya.
 
Basri menambahkan usulan kenaikan upah guru honorer sempat diupayakan tahun lalu dengan estimasi Rp20 ribu per jam. Namun angka itu dianggap terlalu tinggi dan APBD tak mampu memenuhinya. Sementara nominal upah yang berlaku saat ini, Rp10 ribu per jam, APBD yang diserap sekitar Rp38 miliar.
 
Ia memastikan kenaikan upah juga menuntut guru honorer meningkatkan kompetensi. Di antaranya, kompetensi pedagogi, profesional, kepribadian, dan sosial. Termasuk inovasi selama masa pandemi covid-19.
 
"Untuk melakukan kreasi tentu pada sisi lain yang banyak mengabdi di sekolah kan guru honor ini harus jadi perhatian," jelasnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif