Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

14 ribu Surat Suara di Sulsel Salah Cetak

Nasional pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Muhammad Syawaluddin • 20 Maret 2019 19:45
Makassar: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan mencatat ada 14 ribu lebih surat suara pemilihan umum salah cetak. Belasan ribu surat suara salah untuk pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulsel.
 
"Dari 14 ribu surat suara yang salah cetak tersebut. 4 ribu di antaranya ditemukan di Kabupaten Bulukumba, selebihnya di Kabupaten Sinjai atau Dapil V Sulsel," kata Komisioner Bawaslu Sulsel Saiful Jihad, di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 20 Maret 2019.
 
Belasan ribu surat suara salah cetak tersebut ditemukan saat proses sortir dan lipat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di dua daerah tersebut. Kesalahan cetak yang ditemukan umumnya berupa perbedaan konten surat suara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan bahwa dalam surat suara tersebut daftar caleg sudah tepat, memuat calon dari Dapil V Sulsel meliputi Kabupaten Sinjai dan Bulukumba. Namun pada kop surat, tertera Dapil VIII yakni Kabupaten Wajo dan Soppeng.
 
"Jumlah itu masih akan bertambah. Kami juga sudah merekomendasikan kepada KPU agar memeriksa ulang yang telah lebih dulu disortir, untuk memastikan surat suara yang akan didistribusi ke TPS sudah benar," jelasnya.
 
Saiful berharap KPUD bisa segera melakukan koordinasi kepada KPU RI untuk mengganti surat suara yang salah cetak. Sebab, itu akan menghambat persiapan logistik pada pemilu serentak yang rencananya dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang.
 
Belasan ribu surat suara ini harus menjadi perhatian bagi semua KPUD agar lebih teliti dalam melakukan proses sortir dan lipat. Karena, hal itu bisa berdampak pada proses penghitungan suara nantinya.
 
Di Kabupaten Bulukumba, surat suara untuk Pemilihan Anggota DPRD Provinsi dicetak sesuai daftar pemilih tetap, yang berjumlah 309 ribu orang lebih. Sedangkan di Kabupaten Sinjai jumlahnya 174 ribu lebih. Surat suara tersebut diterima KPU dari percetakan di Gresik, Jawa Timur.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif