Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

17 ribu Warga Pindah Memilih di Sulsel

Nasional pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Muhammad Syawaluddin • 15 April 2019 17:31
Makassar: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) mencatat ada sebanyak 17.292 warga Sulsel yang dinyatakan memenuhi syarat untuk melakukan pindah memilih. Jumlah tersebut tersebar di seluruh wilayah di 24 kabupaten dan kota di Sulsel.
 
"Jumlah Pindah memilih di Sulsel hasil DPTB, yang masuk itu sebanyak 17.292 jiwa," kata Komisioner KPU Sulsel Uslimin saat ditemui di Kantornya, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 15 April 2019.
 
Sementara untuk pemilih yang pindah untuk memilih ke luar Provinsi Sulawesi Selatan ada sebanyak 24.878 atau lebih banyak dari jumlah yang masuk. Sehingga, jika ditotal jumlah warga pindah memilih mencapai 42.170 jiwa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa daerah yang banyak memiliki daftar pindah memilih hasil DPTB kemarin yakni Kabupaten Selayar, bantaeng, dan Takalar dengan pemilih masuk 548 orang, keluar 482. Sementara, Kabupaten Gowa masuk 5.081, keluar 5.072, Barru masuk 1.080 dan keluar 1.012. Tanah Toraja masuk 1.227, keluar 1.154.
 
Sementara, Ketua KPU Kota Makassar, Farid Wajdi, mengatakan bahwa dari hasil perampungan data warga yang melakukan pengurusan pindah memilih di Makassar, ada sebanyak 7.353 jiwa.
 
"Itu sudah termasuk yang masuk dan keluar," kata Komisioner KPU Makassar, Bidang Data dan Informasi, Romi Harminto, saat dikonfirmasi.
 
Pindah memilih warga antar provinsi cukup mendominasi, meskipun secara umum jumlah pindah antar kabupaten/kota serta antar Tempat Pemungutan Suara (TPS) hampir sama.
 
Romi menambahkan yang terjauh pindah memilih ke Makassar adalah dari Ibu Kota Negara atau dari DKI Jakarta. "Hampir sama semua. Antar provinsi agak banyak," katanya.
 
Sementara, dari data KPU Sulawesi Selatan jumlah Daftar Pemilih Tambahan ke tiga mencapai 6.159. 375 jiwa. Itu sudah termasuk pemilihan tambahan dari lapas dan rutan yang tersebar di beberapa wilayah di Sulsel.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif