Balikpapan menjadi kota dengan pemakaian teknologi terbesar di Kalimantan Timur (Foto:Dok.Metro TV)
Balikpapan menjadi kota dengan pemakaian teknologi terbesar di Kalimantan Timur (Foto:Dok.Metro TV)

Mengintip Pemanfaatan Internet di Kota Balikpapan

Nasional Berita Kominfo BAKTI
Rosa Anggreati • 26 November 2020 21:56
Balikpapan: Balikpapan termasuk kota dengan infrastruktur internet memadai. Tidak ada blank spot di kota smart city itu.
 
Fasilitas WiFi gratis dapat ditemui dengan mudah di banyak area publik, di antaranya di Pantai Manggar dan Taman Bekapai.
 
"Di Kota Balikpapan tidak ada lagi blank spot. Tersedia 13 provider, 400-an menara, dan kabel optik dipasang sepanjang 31 kilometer," kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi pada program BAKTI untuk Negeri di Metro TV.
 
Balikpapan menjadi kota dengan pemakaian teknologi terbesar di Kalimantan Timur (Kaltim). "Balikpapan terpilih sebagai salah satu kota pada program Gerakan Menuju 100 Smart City," ucap Rizal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemanfaatan internet ini dapat pula dilihat di kantor Dinas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Balikpapan. Sejak 2009, Dinas Dukcapil Kota Balikpapan mengusung semangat go digital
 
Pelayanan publik diperbaiki dan dilakukan efisiensi dengan dukungan internet. Warga yang ingin mengurus kependudukan dan catatan sipil tak perlu lagi datang ke kantor Dukcapil. Semua pelayanan dilakukan secara online. 
 
"Sejak dulu, kami punya visi misi membuat kantor Dinas Dukcapil sepi agar bekerja lebih nyaman dan menekan pengeluaran karena kertas antrean tidak banyak terbuang. Kami terinspirasi bank yang memiliki ATM untuk mengurangi antrean di bank. Kami membuat semuanya online, dengan teknologi digital," tutur Kepala Dinas Dukcapil Kota Balikpapan Hasbullah Helmi.
 
Mengintip Pemanfaatan Internet di Kota Balikpapan
 
Keinginan tersebut akhirnya terwujud dengan bantuan infrastruktur jaringan telekomunikasi dari BAKTI-Kominfo.
 
"Infrastruktur jaringan sangat memadai, digarap sejak 2009. Kami didukung BAKTI-Kominfo memberikan jaringan mencapai 30 Mb," kata Hasbullah.
 
Digitalisasi melalui internet dapat menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi pemerintah daerah dan warganya. Tujuannya untuk memperbaiki pelayanan publik serta meningkatkan kesejahteraan warga.
 
Pemanfaatan internet juga tampak pada sektor pariwisata di Kota Balikpapan. Tepatnya di kawasan hutan mangrove terbesar di Balikpapan, seluas 150 hektare.
 
"Media sosial sangat menguntungkan untuk mengekspos hutan mangrove dan mempromosikan mangrove hingga kancah internasional," kata Agus Bei, pengelola hutan mangrove.
 
Mengintip Pemanfaatan Internet di Kota Balikpapan
 
Pemanfaatan teknologi jaringan informasi dan telekomunikasi harus didukung sumber daya manusia memadai. Oleh karena itu pembiasaan penggunaan teknologi internet harus dimulai sejak dini. 
 
Hal ini terlihat di Sekolah Nasional KPS Balikpapan. Jauh sebelum pandemi covid-19, sekolah ini telah membiasakan muridnya bersinggungan dengan internet.
 
"Sejak sebelum pandemi, di sekolah ini telah dibiasakan internet sejak 2009. Di kelas, murid bisa mengakses internet," kata Kepala Sekolah Nasional KPS Balikpapan Sudiono, M.Pd. 
 
Sektor ekonomi juga tak mau ketinggalan menggunakan internet. Sejak 2018, Kominfo mencanangkan program Grebeg Pasar. Kominfo mengerahkan ribuan relawan untuk menyosialisasikan pemanfaatan internet ke pasar dengan tujuan mewujudkan UMKM go online. Pedagang di Pasar Inpres Kebun Sayur, Balikpapan, telah terbiasa menggunakan internet untuk menjual produknya.
 
(ROS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif