Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, di Makassar, Sulawesi Selatan. Istimewa
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, di Makassar, Sulawesi Selatan. Istimewa

Gubernur Sulsel Ikut Petunjuk Pusat soal PSBB

Nasional Virus Korona covid-19 PSBB pandemi covid-19
Muhammad Syawaluddin • 08 Januari 2021 18:14
Makassar: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan siap mengikuti petunjuk Pemerintah Pusat terkait Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB). Setelah diumumkannya PSBB di Jawa dan Bali sebagai upaya menekan penyebaran covid-19. 
 
"Saya kira kita akan ikut petunjuk dari Pemerintah Pusat," kata, Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, 8 Januari 2021.
 
Mantan Bupati Bantaeng itu mengatakan, meski Provinsi Sulawesi Selatan belum menjadi prioritas penerapan PSBB, namun kebijakan itu harus menjadi perhatian. Sehingga bisa meminimalisasi penyebaran virus korona.
 
"Saya kira itu yang harus jadi warning (peringatan). Terutama Makassar, ini yang kita coba tekan, tapi kita sudah on the track," jelasnya.
 
Baca: Khofifah Terbitkan SE Sistem Kerja Selama PSBB
 
Dia menerangkan, salah satu strategi yang dilakukan Pemprov Sulsel usai pilkada serentak adalah meningkatkan jumlah pemeriksaan spesimen virus korona. Sebelumnya rata-rata 1.200 spesimen, kini menjadi 3.000-4.000 per hari.
 
"Inilah yang mau kita coba. Tetapi salah satu kuncinya adalah protokol kesehatan, pakai masker dan hindari kerumunan," ujarnya. 
 
Ia meminta masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Bila virus korona telah mereda, maka warga bisa beraktivitas seperti semula.
 
Dia mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Makassar yang mengambil kebijakan pembatasan jam malam untuk pusat perbelanjaan atau mal, kafe, restoran, rumah makan dan warung kopi. Sehingga diharapkan bisa mengendalikan penyebaran virus korona.
 
"Kita apresiasi (Pj) Wali Kota Makassar. Memberlakukan itu tadi, kita boleh beraktivitas tapi Cuma sampai jam tujuh (malam)," sebutnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif