ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Pedagang di Jalanan Kota Bandung Disebut Langgar PSBB

Nasional Virus Korona PSBB
Roni Kurniawan • 22 Mei 2020 12:26
Bandung: Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, meminta Gugus Tugas Penanganan Covid-19 menertibkan para pedagang yang menggunakan ruas jalan untuk berjualan. Pasalnya Kota Bandung saat ini masih dalam penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara maksimal hingga 29 Mei 2020.
 
Oded mengaku mendapat laporan beberapa ruas jalan digunakan untuk berjualan oleh para pedagang, salah satunya di Jalan Otto Iskandardinata tepatnya area Pasar Baru. Hampir seluruh jalanan tersebut saat ini digunakan berjualan oleh pedagang Pasar Baru yang berhamburan keluar.
 
"Tetap kita harus konsisten mengawal mereka, paling tidak kita mengajak mereka mengindahkan dari pada kebijakan PSBB lanjutan. Insya Allah kita akan sikapinya (ditertibkan)," ujar Oded di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Jumat, 22 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pasien Reaktif Covid-19 di Majalengka Tak Jujur
 
Oded menegaskan para pedagang tersebut telah melanggar aturan PSBB karena menjadi magnet hadirnya masyarakat berkerumunan. Terlebih hingga kini, kasus positif korona di Kota Bandung bertambah tiga orang dengan jumlah menjadi 291 orang, dengan catatan 179 orang masih dirawat, 76 orang sembuh, dan 36 orang meninggal.
 
"Bahwa tetap kita sesuai kesepakatan kita bahwa ketika kita mengapresiasi, respon positif dari Gubernur Jawa Barat, bahwa PSBB dilanjutkan sampai tanggal 29. Jadi semuanya harus mentaati aturan yang ada," ungkap Oded.
 
Oded mengaku khawatir adanya kluster baru dengan hadirya para pedagang yang merambah ke jalan protokol menjelang Idulfitri 1441 Hijriah. Pasalnya hal itu pun terjadi di kawasan Kebon Kelapa, dimana para pedagang dari pusat pembelanjaan ITC membludak berjualan dihalaman geung mal tersebut.
 
"Saya sudah intruksikan ketua Harian Gugus Tugas untuk menindaklanjutinya," pungkas Oded.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif