Ilustrasi tes virus korona (covid-19). Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi tes virus korona (covid-19). Medcom.id/M Rizal

Lab Pemeriksaan Covid-19 di Makassar Ditambah

Nasional Virus Korona virus corona
Muhammad Syawaluddin • 22 Mei 2020 04:32
Makassar: Laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makassau, Kota Parepare, Sulawesi Selatan kini mampu melakukan pemeriksaan virus korona. Mereka menggunakan mesin tes cepat molekuler (TCM).
 
Direktur RSUD Andi Makkasau, Renny Angraeny Sari, menyebut hasil pemeriksaan TCM jekyar dalam dalam waktu singkat. "Untuk satu pemeriksaan membutuhkan waktu sekitar 51 menit, dan satu kali running bisa empat sampel diperiksa," katanya, Kamis 21 Mei 2020.
 
Pemeriksaan dengan menggunakan alat tersebut sudah dimulai sejak Minggu, 17 Mei 2020. Sejauh ini Lab RSUD Andi Makassau telah memeriksa 10 sampel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Metode pemeriksaan TCM menggunakan antigen. Pemeriksaan dilakukan dengan memeriksa sampel lendir pasien dengan amplifikasi asam nukleat berbasis cartridge khusus. Tes ini mengidentifikasi RNA pada virus korona.
 
"Kami telah menerima 60 catridge sebagai tahap awal diperuntukan bagi pasien PDP," jelasnya.
pada mesin yang menggunakan cartridge khusus.
 
Alat ini juga digunakan lantaran hasil pemeriksaan sampel swab yang dilakukan di Kota Makassar cukup lama. Pemeriksaan yang dilakukan di Makassar baru bisa diketahui 4 hingga 5 hari setelah sampel itu diserahkan.
 
Sejauh ini sudah ada tujuh laboratorium pemeriksaab pasien virus korona beroperasi di Makassar. Terdiri atas Balai Besar Veteriner di Maros, Balai BPOM Makassar, Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Makassar, dan Laboratorium Kesehatan Kabupaten Soppeng. Kemudian Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK), RS Universitas Hasanuddin, dan RS Sufirohusodo.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini: https://www.medcom.id/corona
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif