NEWSTICKER
Kondisi tol Purbaleunyi Km 118 pascalongsor. (Foto: MI/Depi Gunawan)
Kondisi tol Purbaleunyi Km 118 pascalongsor. (Foto: MI/Depi Gunawan)

Kendaraan Berat Melintas di Purbaleunyi akan Dibatasi

Nasional longsor tanah longsor
Depi Gunawan • 19 Februari 2020 12:32
Bandung: Tanah longsor di lahan penyangga Tol Purbaleunyi Kilometer 118 masih terus diatasi. Untuk mengurangi beban akibat penumpukan kendaraan di titik ini, Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat berencana melakukan pembatasan.
 
"Rekayasa lalu lintas hanya berlaku untuk jalur Bandung-Jakarta. Sementara itu, dari arah sebaliknya masih berlaku kebijakan seperti biasa," ujar Direktur Lalu Lintas, Kombes Eddy Djunaedi, Rabu, 19 Februari 2020.
 
Eddy mengatakan sejumlah rapat dengan instansi terkait telah digelar. Hasilnya diputuskan, hanya kendaraan kecil atau golongan satu dari Bandung menuju Jakarta yang diperbolehkan melintasi badan tol.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kendaraan golongan dua atau lebih dibatasi. Kami akan siapkan rekayasa pengalihannya," tambah Eddy.
 
Dia mengungkapkan saat ini kendaraan golongan satu, seperti sedan, jip, dan pikap masih dapat melintasi kawasan titik longsor. Kendaraan tersebut diarahkan untuk menggunakan lajur sebelah kanan.
 
Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyarankan pembatasan beban kendaraan untuk sementara waktu. "Untuk keselamatan, kendaraan berat sementara waktu dialihkan untuk menangani tanah longsor."
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif