Bupati Purworejo, Agus Bastian memberikan bantuan sosial. Foto : Pemkab Purworejo
Bupati Purworejo, Agus Bastian memberikan bantuan sosial. Foto : Pemkab Purworejo

15.552 Warga Purworejo Terima Bansos dari APBD Kabupaten

Nasional Virus Korona bansos
Bagus Aryo Wicaksono • 20 Mei 2020 10:27
Purworejo: Pemerintah Kabupaten Purworejo menyalurkan bantuan sosial bagi masyarakat terdampak covid-19 (korona) yang bersumber dari dana APBD Kabupaten senilai Rp17 miliar. Bantuan diberikan kepada masyarakat miskin yang belum tercakup bantuan dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.
 
Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Purworejo, Kuswantoro menuturkan berdasarkan data terdapat 22.870 penerima bantuan. Namun setelah dilakukan validasi jumlahnya menyusut menjadi 15.552 orang, sisanya masih dalam proses validasi.
 
Kuswantoro mengungkapkan pihaknya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan pendataan, karena harus menyinkronkan data dengan pusat, provinsi dan desa. “Lamanya proses karena masyarakat menerima bantuan dari berbagai sumber, yang tidak boleh tumpang tindih satu sama lain,” katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bupati Purworejo, Agus Bastian mengungkapkan secara aturan, tidak boleh ada duplikasi penerima bantuan. Sehingga bagi masyarakat yang sudah menerima bantuan dan sudah mampu diharapkan jujur dan tidak menerima bantuan lagi.
 
"Bagi masyarakat terdampak yang belum menerima bantuan sama sekali untuk segera mendaftarkan diri melalui pemerintah desa atau Dinas Sosial," katanya.
 
Terkait dengan kasus covid-19 yang tinggi, Bastian menuturkan bahwa hal ini dikarenakan pihaknya terus melakukan tracing dan tracking agar penanganan bisa dilakukan sesegera mungkin.
 
“Kita realistis saja, tidak berupaya menutupi dengan mengatakan sedikit, tapi tiba-tiba jumlahnya meledak. Mungkin ini kurang populer, tapi inilah salah satu cara melindungi masyarakat,” ungkapnya.
 

(WHS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif