Ilustrasi sebaran virus korona covid-19 di Jatim. Medcom.id/Amaluddin
Ilustrasi sebaran virus korona covid-19 di Jatim. Medcom.id/Amaluddin

Rapid Test Digelar di 63 Puskesmas di Jatim

Nasional Virus Korona
Syaikhul Hadi • 31 Maret 2020 09:07
Surabaya: Dinas Kesehatan Kota Surabaya segera melakukan rapid test di 63 puskesmas di Surabaya, Jawa Timur. Sebanyak 620 alat rapid test segera didistribusikan.
 
"Jadi yang diprioritaskan adalah tenaga kesehatan dan PDP (pasien dalam pengawasan), untuk angkanya sesuai jumlah sasaran," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Surabaya, Febria Rachmanita, Senin, 30 Maret 2020.
 
Febria menambahkan, rapid test merupakan alat deteksi antibodi dengan mengambil sampel darah. Kemudian sampel diteteskan ke alat tersebut, dan hasilnya bisa segera diketahui positif atau negatif covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Pasien Positif Korona di Jatim Mencapai 91 Orang
 
"Hasilnya akan cepat diketahui hitungan jam. Tidak perlu menunggu sehari," jelasnya.
 
Dia menerangkan, pemeriksaan menggunakan rapid test pernah dilakukan di RSUD Soewandhi dan RSUD Bhakti Dharma Husada. Dari 66 orang yang diperiksa, hasilnya negatif covid-19.
 
"Kami sediakan sekitar 240 rapid test. Cuma yang dilakukan pemeriksaan ada 66 orang, namun semuanya, alhamdulillah negatif," tambahnya.
 
Dia berharap, melalui rapid test di masing-masing puskesmas di Surabaya bisa diketahui jumlah penyebaran covid-19. Sehingga penanganan bisa segera dilakukan.

 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif