Ilustrasi. (Foto: MI/Adi Maulana)
Ilustrasi. (Foto: MI/Adi Maulana)

Kabupaten Cianjur Hasilkan 3,2 Ton Sampah Plastik

Nasional pengelolaan sampah
Benny Bastiandi • 07 Februari 2020 11:19
Cianjur: Sekitar 2 persen atau 3,5 ton dari total volume sampah di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, merupakan plastik. Namun, sampah-sampah plastik itu tidak semuanya dibuang ke tempat akhir karena terlebih dulu dipilah masyarakat.
 
Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur, Sumarna, mengatakan, rata-rata volume sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Pasirsembung mencapai 173 ton per hari.
 
"Dari jumlah itu, perkiraan kami hanya sekitar dua persen (sampah plastik). Itu juga tak semuanya dibuang ke TPA karena sudah dipilah terlebih dahulu," kata Sumarna, Jumat, 7 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sumarna menuturkan cukup sulit melarang masyarakat untuk tidak memproduksi sampah plastik. Terlebih, belum ada regulasi mengikat berkaitan dengan pengurangan sampah plastik.
 
"Plt Bupati Cianjur hanya menerbitkan edaran menyangkut pengurangan kantong plastik. Imbauan ini juga masih terbatas untuk kalangan dinas dan instansi serta toko-toko ritel," sambung dia.
 
Sumarna menyebut ketergantungan masyarakat akan barang-barang berbahan dasar plastik relatif tinggi. Terutama di tingkat rumah tangga. Pihaknya pun memilih lebih memfokuskan untuk menggenjot peningkatan kebersihan lingkungan.
 
"Kalau di TPA, pemilahan sampah banyak dilakukan pemulung. Keberadaan mereka cukup membantu memisahkan sampah," ungkapnya.
 
Ia menambahkan beberapa sampah yang tidak digunakan akan diurug di areal TPA Pasirsembung. Pada akhirnya Sumarna mengharapkan ada peran dari bank sampah dan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle atau mengurangi, menggunakan, dan mendaur ulang (TPS 3R).
 
"Termasuk juga masyarakat membentuk kebiasaan memilah sampah," pungkasnya.
 

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif