Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengecek ketersediaan tempat tidur di RSUD Al-Ihsan dan RSUD Otto Iskandardinata Kabupaten Bandung, Sabtu (19/6/2021). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengecek ketersediaan tempat tidur di RSUD Al-Ihsan dan RSUD Otto Iskandardinata Kabupaten Bandung, Sabtu (19/6/2021). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar)

Jurus Jabar Cegah Lonjakan Covid-19

Nasional Virus Korona covid-19 pandemi covid-19 Satu Tahun Covid-19
Antara • 22 Juni 2021 10:58
Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta semua pihak waspada penyebaran covid-19, khususnya varian delta yang telah ditemukan di Depok dan Karawang. Temuan tersebut berdasarkan hasil pengiriman sampel oleh Labkesda dan ITB yang kemudian dilakukan kajian genome sequencing oleh LIPI dan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.
 
Kang Emil -sapaan akrabnya- sangat mewanti-wanti warga Jabar agar waspada dengan ditemukannya varian delta. Karena penularannya lebih cepat dibandingkan dengan varian virus korona sebelumnya.
 
Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Jabar, kenaikan kasus positif covid-19 mulai terjadi 15 hari setelah libur Hari Raya Idulfitri atau setelah 28 Mei. Memasuki awal Juni 2021, tambahan kasus positif covid-19 di Jabar mencapai di atas 1.000 pasien per hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 21 Warga Karawang Terinfeksi Covid-19 Varian Delta
 
Imbasnya, tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) untuk pasien covid-19 di rumah sakit yang ada di Jabar meningkat. Bahkan sudah melewati batas yang ditetapkan oleh WHO, yakni di atas 60 persen.
 
Melihat kondisi tersebut, Kang Emil dan tim tak tinggal diam. Sejumlah upaya dilakukan oleh Pemprov Jabar untuk menekan lonjakan kasus covid-19. Upaya itu, mulai dari penambahan tempat tidur hingga rekrutmen relawan medis dan vaksinasi massal.
 
 
Halaman Selanjutnya
2.400 tempat tidur Pemerintah…



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif