Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, di Makassar, Sulawesi Selatan. Istimewa.
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, di Makassar, Sulawesi Selatan. Istimewa.

Laboratorium Pendeteksi Varian Baru Covid-19 di Makassar Segera Beroperasi

Nasional covid-19 Pasien Covid-19 pandemi covid-19 Varian Baru Covid-19
Muhammad Syawaluddin • 05 Agustus 2021 23:02
Makassar: Pemerintah Kota Makassar dalam waktu dekat mulai mengoperasikan Laboratorium Biosafety atau BSL level 2. Laboratorium ini digunakan untuk mendeteksi varian baru Covid-19. 
 
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, mengatakan laboratorium akan digunakan untuk mendeteksi varian baru Covid-19. Laboratorium itu akan dibuat atau ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah Daya. 
 
"Laboratorium ini super sensitif sehingga bisa mendeteksi varian baru. Beda dengan PCR," katanya, di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 5 Agustus 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Laboratorium ini akan beroperasi selama 24 jam. Sehingga sampel mendeteksi virus baru bisa dilakukan dengan cepat. Jadi, hasilnya juga akan lebih cepat diketahui. 
 
Baca: 8 Pemuda yang Ditangkap Terkait Makassar Street Fight Dipulangkan
 
"Laboratorium tersebut juga dapat memeriksa hingga 1.200 sampel dalam sehari. Laboratorium BSL Level 2 seperti ini baru ada dua di Indonesia," ungkapnya. 
 
Danny berharap, Pemerintah Provinsi Sulsel segera memberikan izin operasional agar status laboratorium tersebut dapat segera keluar. "Sekali lagi, ini murni untuk membantu, bukan untuk gagah-gagahan. Ini sangat membantu di era pandemi seperti ini," ujarnya. 
 
Danny menjelaskan nantinya laboratorium ini akan  diperuntukan bagi setiap warga yang terdeteksi Covid-19 oleh Tim Detektor pada program Makassar Recovery tanpa dipungut biaya sepeserpun.
 
"Jadi semua orang yang dideteksi oleh Tim Detektor kalau ada warga yang sakit, maka Tim Covid Hunter datang, semua biaya gratis kalau lewat detektor dan Covid Hunter," jelasnya.
 
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif