RSUD Kartini Jepara. Medcom.id/ Rhobi Shani
RSUD Kartini Jepara. Medcom.id/ Rhobi Shani

Kasus Naik, RSUD Kartini Jepara Tambah Tempat Tidur Covid-19

Nasional Virus Korona covid-19 pandemi covid-19
Rhobi Shani • 11 Juni 2021 15:52
Jepara: Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kartini di Jepara, Jawa Tengah, menambah kapasitas tempat tidur pasien covid-19. Kini, ada 55 tempat tidur yang disediakan untuk pasien covid-19. 
 
Wakil Direktur RSUD RA Kartini, Bambang Dwipo, mengatakan pengurangan tempat tidur pasien umum terpaksa dilakukan lantaran pasien covid-19 terus berdatangan. Sebelumnya, 35 dari 305 tempat tidur umum telah dialokasikan untuk penderita covid-19. 
 
"Selama ini kami siapkan 35 (tempat tidur) tidak cukup, mulai hari ini kami tambah 20 lagi. Tapi kalau nanti masih meledak lagi, kami atur lagi siapkan ruangan lainnya," ujar Dwipo, Jumat, 11 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dwipo mengungkapkan bahwa pelayanan masih aman terkendali, Namun, bila harus menambahan ruangan lagi untuk pasien covid-19, RSUD Kartini akan mengalami kesulitan penanganan pasien. Sebab, jumlah tenaga kesehatan (nakes) terbatas.
 
"Tapi kalau ada ledakan kasus dan harus menambah ruangan isolasi lagi, mobilisasi dan pelayanan pasti akan kesulitan," ucap dia.
 
Opsi lain, RSUD Kartini akan meminta tambahan nakes kepada pemerintah daerah. Pihaknya akan berbicara langsung dengan Bupati Jepara.
 
Baca: Antrean Tes Skrining Covid-19 di RSUD Kartini Jepara Sampai Teras IGD
 
"Rasanya susah, (penambahan nakes) itu di ranah Dinas Kesehatan Kabupaten dan Pemkab Jepara. Misalkan kewalahan, kami akan minta tambahan. Kami akan bicara ke bupati," papar Dwipo.
 
Untuk memaksimalkan nakes yang masih ada, pihak rumah sakit melakukan penggabungan pasien. Misalnya, menggabungkan pasien di ruang bedah tulang dan bedah umum serta pelayanan jantung dengan pelayanan penyakit dalam.
 
Selain merawat pasien covid-19 dari Jepara, juga merawat pasien covid-19 dari sejumlah daerah. Seperti dari Kabupaten Kudus dan Demak.
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif