Kondisi terkini pascakarhutla di Desa Hiyung, Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Sabtu, 25 September 2021. Dokumentasi/ istimewa
Kondisi terkini pascakarhutla di Desa Hiyung, Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Sabtu, 25 September 2021. Dokumentasi/ istimewa

Satgas Darat Pastikan Karhutla Kabupaten Tapin Sudah Padam

Nasional kebakaran hutan Kebakaran Lahan dan Hutan
Medcom • 26 September 2021 22:10
Tapin: Satuan tugas (Satgas) Darat melakukan pengecekan lapangan atau ground check usai kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Hiyung, Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Sabtu, 25 September 2021.
 
Operator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Tapin, Rahmani, mengatakan api sudah padam total dan upaya Satgas Darat melakukan ground check pada titik lokasi yang tidak dapat dijangkau dengan perjalanan darat.
 
"Saat ini api sudah padam total dan hasil ground check pada titik api yang tidak dapat dijangkau oleh Satgas Darat menggunakan drone," ungkap Rahmani melalui pesan singkat, Minggu, 26 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Puluhan Senjata Tajam Disita dari Bentrokan Dua Ormas
 
Rahmani menjelaskan Satgas Darat melakukan ground check menggunakan kendaraaan roda dua dan empat lengkap dengan peralatan pemadaman jika masih ditemukan titik api di sekitar lokasi.
 
BPBD Tapin juga melakukan koordinasi dengan Satgas Udara untuk persiapan operasi pengeboman air jika ditemukan titik api pada lokasi yang tidak memungkinkan untuk dijangkau secara darat.
 
"Saat ini tim masih siaga dan stand by di Pos Komando untuk memantau perkembangan kondisi selanjutnya," jelasnya.
 
Kondisi lokasi kejadian saat ini diguyur hujan sehingga belum ada Satgas Udara yang dapat melakukan patroli. Penyebab kebakaran juga masih dalam penyelidikan pihak yang berwajib dan tidak ada korban jiwa akibat karhutla yang membakar kurang lebih satu hektar lahan ini.
 
Berdasarkan analisis kajian inaRisk, Kabupaten Tapin memiliki potensi bahaya karhutla pada tingkat sedang hingga tinggi yang berdampak pada 12 kecamatan.
 
BNPB mengimbau BPBD, perangkat daerah, instansi terkait dan masyarakat untuk tetap waspada dan melakukan patroli secara berkala pada daerah yang rawan karhutla serta meningkatkan keamanan guna menghindari pembakaran ilegal maupun aktivitas yang merusak lingkungan.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif