Rumah Tarnyep, warga Desa Kamal, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, yang roboh tersapu angin kencang, Rabu, 8 Januari 2020. Medcom.id/Kuntoro Tayubi
Rumah Tarnyep, warga Desa Kamal, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, yang roboh tersapu angin kencang, Rabu, 8 Januari 2020. Medcom.id/Kuntoro Tayubi

Nenek di Brebes Selamat dari Runtuhan Rumah

Nasional angin kencang
Kuntoro Tayubi • 08 Januari 2020 20:34
Brebes: Mbah Tanyep, 75, warga Desa Kamal, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, selamat dari runtuhan rumahnya yang roboh akibat angin kencang. Teriakannya menyelamatkan nyawanya setelah warga mendengar dan menolongnya.
 
"Saya keluar rumah karena mendengar gemuruh dan mendapati rumah Mbah Tanyep sudah ambruk. Mendengar teriakan Mbah Tanyep yang terjebak di dalam rumah, saya pun langsung berteriak meminta pertolongan warga," kata tetangganya, Kuryati, Rabu petang, 8 Januari 2020.
 
Rumah Mbah Tanyep ambruk karena bangunan sudah rapuh saat tertiup angin kencang. Ia pun selamat setelah ditolong kedua tetangga Taswan, 30, dan Marto, 55.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Danramil 16 Larangan Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Dipo Suyatno, mengatakan dari pengakuan korban, kejadian terjadi saat Mbah Tarnyep sedang melaksanakan sholat dzuhur. Anehnya, ia juga tidak mengalami luka atas kejadian ini meskipun rumahnya roboh rata dengan tanah.
 
"Saat ini intensitas hujan cukup tinggi. Angin kencang juga beberapa kali menerjang wilayah ini," kata Dipo.
 
Menurut Dipo curah hujan yang tinggi juga membuat beberapa wilayah di Kecamatan Larangan terendam banjir. Meskipun surut tak berapa lama setelah hujan berhenti. Namun ia meminta warga tetap waspada.
 
"Beberapa hari ini, air sungai meluap. Bagi warga yang rumahnya berada di dekat bantaran sungai untuk selalu waspada. Karena longsor akibat gerusan arus sungai bisa terjadi sewaku waktu," pungkas Dipo.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif