Faizal Karaeng Lomba yang diringkus oleh Tim Ciber Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan. Foto: Medcom,id
Faizal Karaeng Lomba yang diringkus oleh Tim Ciber Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan. Foto: Medcom,id

Kurir Penyebar Provokasi di Makassar Ditangkap

Nasional ujaran kebencian
Muhammad Syawaluddin • 21 Juni 2019 07:54
Makassar: Penyebar konten provokatif di media sosial, Faizal Karaeng Lomba, ditangkap Tim Siber Polda Sulawesi Selatan. Faizal ditangkap karena menyebut aparat yang terluka pada aksi 22 Mei 2019, rekayasa.
 
"Kita akan lihat dalam proses penyidikan lebih mendalam. Apakah dia lakukan ini dalam motivasi dia dengan seseorang atau dia hanya sekadar main-main saja," kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, di Mapolda Sulsel, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis 20 Juni 2019.
 
Dicky mengatakan, pihaknya akan menyelidiki keterlibatan pihak lain terkait unggahan tersangka. Dia mengungkap, tersangka mencoba memprovokasi masyarakat dengan menghina Polri karena faktor tidak suka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Modusnyaa dia tidak suka dengan aparat kepolisian, yang menjaga pengamanan di Jakarta. Dia posting ada salah satu foto anggota polisi yang luka. Itu dianggap luka biasa saja tidak perlu disebar. Jadi sengaja dia lakukan provokasi ujaran kebencian di media sosial," jelasnya.
 
Dicky menambahkan, pihaknya sudah menangkap empat pelaku ujaran kebencian termasuk Faizal. Faizal disangkakan Pasal 45 A ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
 
"Itu ancaman hukumannya paling lama 6 tahun dan denda paling banyak Rp1 miliar," imbuh Dicky.
 
Faizal yang bekerja sebagai kurir ini, ditangkap di Jalan Gunung Bawakaraeng, Kota Makassar, pada 18 Juni 2019. Faizal ditangkap karena ujaran kebencian yang disebar di akun Facebook pribadinya terkait aksi 22 Mei 2019.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif