Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

90 Orang di Bandung Terserang DBD Selama Januari

Nasional demam berdarah
Roni Kurniawan • 28 Januari 2020 20:40
Bandung: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mencatat ada 90 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) selama Januari 2020. Bahkam satu warga berusia 12 tahun meninggal karena terserang DBD.
 
"Kami mencatat ada 90 kasus DBD di Januari ini sampai hari ini dan satu orang meninggal dunia," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rosye Arosdiani, di Balai Kota Bandung, Selasa, 28 Januari 2020.
 
Rosye menjelaskan jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan pada periode yang sama pada tahun lalu terutama saat musim penghujan. Rata-rata penderita DBD dengan rentan usia empat sampai 14 tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hampir setiap bulan ada laporan warga terkena DBD, di Januari lebih tinggi dibanding bulan biasa," jelas Rosye.
 
Rosye menyebutkan nyamuk DBD muncul di saat musim hujan dan kondisi lingkungan yang tidak bersih. Terlebih banyaknya genangan air yang kerap memunculkan jentik nyamuk.
 
"Tingkat kesadaran masyarakat terhadap kebersihan masih rendah. Apalagi musim penghujan saat ini, harus lebih hati-hati," ungkap Rosye.
 
Jumlah tersebut pun diprediksi akan meningkat, karena belum semua rumah sakit di Bandung melaporkan pasien yang terkena DBD ke Dinas Kesehatan. Namun ia berharap tidak ada korban jiwa yang terserang penyakit tersebut.
 
"Ini belum semua rumah sakit melaporkan, tapi kita akan kejar terus datanya, dan tentu kita akan kasih penyuluhan yang lebih aktif kepada masyarakat untuk waspada DBD," pungkas Rosye.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif