Ilustrasi gajah. (Foto: AFP).
Ilustrasi gajah. (Foto: AFP).

Asap Karhutla Mengancam Gajah Riau

Nasional kebakaran lahan dan hutan
Antara • 15 Agustus 2019 18:37
Riau: World Wildlife Fund (WWF) mengevakuasi Gajah Sumatera ke Taman Nasional Tesso Nilo untuk menghindari asap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Markas WWF menyiagakan petugas pendamping gajah atau flying squad selama proses evakuasi, gajah digiring ke lokasi yang jauh dari karhutla dan dampak kabut asap.
 
"Sebelumnya kami sudah mengidentifikasi beberapa tempat-tempat yang aman untuk gajah di sekitar. Proses pemindahan gajah dengan cara digiring saja ke tempat yang aman, yang tersedia air, pakan," kata Staff WWF Riau Febri Andiawan, Kamis, 15 Agustus 2019.
 
Febri menjelaskan Taman Nasional Tesso Nilo merupakan habitat gajah dan harimau sumatera. WWF mencatat populasi gajah di Taman Nasional ini diperkirakan hanya 150 ekor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gajah tersebut dievakuasi karena sekitar 200 hektare area Taman Nasional Tesso Nilo Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan terbakar hingga membuat udara tercemar.
 
Menurut Febri penyelamatan dilakukan dengan mudah karena satwa yang dievakuasi tersebut adalah gajah jinak. Setelah dievakuasi kini sembilan ekor gajah jinak sudah ada di lokasi yang aman sehingga terhindar dari penyakit dampak kabut asap.(Syahrum Latupono)
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif