longsor tanggul irigasi di Kelurahan Parakancanggah, Banjarnegara. Foto: ANT/Idhad Zakaria
longsor tanggul irigasi di Kelurahan Parakancanggah, Banjarnegara. Foto: ANT/Idhad Zakaria

Warga Banjarnegara Diminta Waspada Longsor

Nasional tanah longsor
Liliek Dharmawan • 03 November 2019 15:01
Banjarnegara: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng) meminta masyarakat waspada tanah longsor. Pasalnya hujan mulai turun dan telah terjadi longsor yang mengakibatkan seorang warga tewas.
 
"Warga harus mulai siap siaga, karena saat ini hujan sudah mulai turun. Bahkan pada Sabtu, 2 November 2019 telah terjadi longsor yang menyebabkan seorang warga meninggal dunia. Padahal saat sekarang baru awal musim penghujan, sehingga perlu lebih siap siaga pada waktu-waktu mendatang, karena curah hujan akan lebih deras," jelas Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara Arief Rahman, Minggu, 3 November 2019.
 
Dia menerangkan hujan deras yang mengguyur wilayah Banjarnegara sejak Jumat malam, 1 November 2019 telah mengakibatkan bencana longsor. Seorang tewas dan dua orang luka-luka akibat peristiwa tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Korban tewas adalah Winoto, 45, warga Desa Plumbungan, Kecamatan Pagentan. Sedangkan dua orang yang mengalami luka-luka yaitu Sabar, 30, dan Darto, 50, warga Desa Pagentan, Kecamatan Pagentan.
 
Longsor terjadi di Kelurahan Parakancanggah, Kecamatan Banjarnegara pada jam 06.00 WIB. Korban tertimbun saat tanggul irigasi jebol sepanjang 15 meter, tinggi 20 meter dan lebar 3 meter. Akibatnya ada dua rumah yang tertimbun di kelurahan setempat.
 
Kejadian longsor dipicu hujan deras yang terjadi di wilayah setempat. Arief mengatakan berdasarkan penuturan para saksi, bencana longsor diawali adanya retakan tanah.
 
"Warga telah menutup retakan tanah, tetapi longsor tidak dapat dicegah. Ada tiga orang yang tertimbun. Dua orang berhasil dievakuasi dan satu orang lainnya meninggal dalam peristiwa itu. Selain itu, ada kerugian materiil yakni sebuah rumah rata dengan tanah dan satu rumah lainnya rusak ringan," ujarnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif