Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Dewan Dorong Dana Keistimewaan Ciptakan Lapangan Kerja

Nasional kemiskinan
Patricia Vicka • 04 Desember 2019 16:41
Yogyakarta: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY mendorong Pemda DIY mengalokasikan Dana Keistimewaan (Danais) untuk kegiatan padat karya dan penciptaan lapangan kerja baru.Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto menilai penggunaan Danais selama tujuh tahun ini belum mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat DIY.
 
"Kita dorong tahun 2020 Danais untuk akselerasi kesejahteraan masyarakat," kata Eko Suwanto, di Yogyakarta Rabu 4 Desember 2019.
 
Ia mengkritik ketidakmampuan Danais untuk menekan angka kemiskinan dan kesenjangan sosial (ratio gini). Padahal besaran dab serapan Danais terus meningkat setiap tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita masih jadi provinsi miskin dengan gini ratio tertinggi di Indonesia yang sebesar 0,41. Tingkat kemiskinan kita sekarang 11,7 persen. Itu diatas tingkat kemiskinan rata-rata Indonesia. Angka pengangguran terbuka kita 3,66 persen," jelasnya.
 
Eko mendorong Pemda untuk melaksanakan kegiatan atau program yang banyak melibatkan masyarakat. Selain itu kegiatan yang didanai oleh Danais juga harus mampu mengentaskan kemiskinan dan mengurangi pengangguran.
 
"Kami harapkan, pengalokasian Danasi di masa datang lebih padat tenaga kerja. Juga harus melibatkan pastisipasi masyarakat semaksimal mungkin dan tingkatkan pendapatan masyarakat," ungkap Eko.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif