Kepala BNPB Doni Monardo. Foto: Medcom.id/Gonti Hadi W
Kepala BNPB Doni Monardo. Foto: Medcom.id/Gonti Hadi W

Status Siaga Darurat Karhutla Sumsel Dicabut

Nasional Kebakaran Lahan dan Hutan
Gonti Hadi Wibowo • 02 Desember 2019 08:27
Palembang: Status siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatra Selatan disetop. Personel gabungan telah ditarik dari Bumi Sriwijaya.
 
Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru mengatakan karhutla pada 2019 lebih panjang ketimbang tahun sebelumnya. Hal itu karena dampak musim kemarau sehingga berpengaruh dengan titik panas yang muncul di lokasi gambut yang mudah terbakar.
 
"Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel resmi mencabut atau tidak perpanjang status siaga Karhutla,” kata Herman dalam acara penutupan posko satuan tugas Karhutla di Hotel Santika Premiere, Minggu, 1 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Herman melanjutkan pihaknya akan fokus mengupayakan pencegahan ketimbang penindakan. Dia meminta semua pihak aktif menyosialisasikan ke pelosok desa agar masyarakat tak membuka lahan dengan membakar.
 
"Saya meminta kepada kepolisian, TNI, serta rakyat Sumsel untuk bersama-sama berupaya mencegah daerah rawan terbakar seperti gambut agar Karhutla di tahun depan tidak separah tahun ini," harapnya.
 
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, mengatakan karhutla di Sumsel tahun ini hampir sama seperti 2015. Kala itu, kata dia, musim kemarau hingga lima bulan lamanya
 
"Kita harus bersama-sama melakukan evaluasi mengembalikan lahan gambut sebagai kodratnya yaitu basah, berair, dan rawa. Kami berharap kepala daerah yang memiliki lahan gambut tolong diperhatikan," tandasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif