Geregeg besar Keraton Yogyakarta. Foto: ANT/Andreas Fitri Atmoko
Geregeg besar Keraton Yogyakarta. Foto: ANT/Andreas Fitri Atmoko

Dua Dinas di DIY Akan Berubah Nama

Nasional yogyakarta
Patricia Vicka • 04 Desember 2019 15:00
Yogyakarta: Pemda DIY turut mengubah nama nomenklatur setingkat provinsi. Dua nama dinas di Pemda DIY segera diubah yakni Dinas Kebudayaan dan Dinas Pertanahan.
 
"Dinas Kebudayaan nantinya berubah menjadi Kundha Kabudayaan. Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, berubah menjadi Kundha Niti Mandala Sarta Tata Sasana," ujar Paniradya Pati Keistimewaan DIY, Beny Suharsono, di Yogyakarta, Rabu, 4 Desember 2019.
 
Beny menjelaskan perubahan nomenklatur lantaran kedua dinas tersebut mengurusi keistimewaan DIY. Sehingga nama keduanya dikembalikan ke zaman sebelum Indonesia merdeka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perubahan ini dilakukan untuk memunculkan keistimewaan Yogyakarta sesuai amanat Undang-undang Keistimewaan (UUK) no 13 tahun 2012," bebernya.
 
Dasar hukum perubahan nama dua dinas tercantum dalam Peraturan Gubernur no 25 tahun 2019 tentang Pedoman Kelembagaan Urusan Keistimewaan pada Pemerintah Kabupaten/ kota dan Kalurahan. Pemda DIY melakukan perubahan nama nomenklatur (Organisasi dan pemerintah) selevel kecamatan, kelurahan dan desa.
 
Nama kecamatan di kabupaten diubah menjadi kapanewon, dan camat yang memimpin diubah jadi panewu. Kecamatan di kota diubah jadi kemantren, dan sebutan camat diubah jadi mantri pamong praja.
 
Sementara itu, nama desa di kabupaten berubah jadi kalurahan, dan kepala desa menjadi lurah. Namun untuk nomenklatur nama kelurahan di Kota Yogyakarta tak ada perubahan.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif