Foto udara jalan trans sulawesi terendam banjir bandang di Kecamatan Asera, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Minggu (9/6/2019). ANTARA FOTO/Oheo.
Foto udara jalan trans sulawesi terendam banjir bandang di Kecamatan Asera, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Minggu (9/6/2019). ANTARA FOTO/Oheo.

Kemensos Siapkan Rp1,5 Miliar untuk Konawe Utara

Nasional bencana banjir
Antara • 10 Juni 2019 18:30
Jakarta: Kementerian Sosial menyiapkan Rp1,5 miliar untuk bantuan penanganan banjir di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Bantuan tersebut akan diserahkan dalam waktu dekat.
 
"Bantuan tahap pertama sudah kami siapkan dan besok akan diserahkan," kata Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Senin, 10 Juni 2019.
 
Agus menjelaskan bantuan tahap pertama berupa logistik antara lain lauk pauk, tenda, baju, selimut dan lainnya senilai Rp1,1 miliar, serta perlengkapan pengungsi untuk membersihkan rumah mereka dari sisa banjir seperti sapu, ember dan lainnya senilai Rp500 juta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat mengatakan dua dapur umum sudah didirikan untuk mendukung kebutuhan makanan pengungsi yaitu di Kelurahan Asera Kecamatan Asera.
 
"Sebanyak 26 personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) juga sudah diturunkan untuk membantu proses evakuasi, operasional dapur umum serta mobilisasi bantuan dan pendampingan pengungsi," kata Harry.
 
Selain itu, juga telah dilakukan pendampingan dukungan psikososial untuk mendampingi anak-anak korban banjir di dua titik posko.
 
Banjir yang disebabkan hujan lebat sejak Sabtu, 1 Juni hingga Minggu, 9 Juni mengakibatkan banjir di enam kecamatan di Kabupaten Konawe Utara. Banjir menyebabkan 1.000 unit rumah terendam, 58 rumah hanyut, 1.054 KK/4.089 jiwa mengungsi.
 
Ke enam kecamatan terdampak banjir yaitu Kecamatan Andawia, Asera, Oheo, Langgikima, Landawe dan Wiwirano. Sedangkan 28 desa yang terisolasi, sementara akses jalan menuju lokasi lumpuh, karena jalan dan jembatan terputus.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif