Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulawesi Tengah, Nelson Metubun, saat melepas peserta lomba lintas alam milenial pertanian di Kabupaten Sigi, Minggu, 20 Maret 2022. ANTARA/Moh Ridwan
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulawesi Tengah, Nelson Metubun, saat melepas peserta lomba lintas alam milenial pertanian di Kabupaten Sigi, Minggu, 20 Maret 2022. ANTARA/Moh Ridwan

135 Hektare Lahan Pertanian Terdampak Gempa di Sigi Kembali Digarap

Antara • 20 Maret 2022 17:37
Sigi: Sebanyak 135 hektare lahan pertanian terdampak gempa dan likuefaksi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, akan digarap kembali. Penggarapan nantinya menggunakan konsep integrasi sektoral.
 
"Tahun ini kami bersama Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sigi bekerja sama berupaya mengoptimalisasi lahan yang rusak akibat dampak gempa dan telah dilakukan skema perencanaan," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulawesi Tengah, Nelson Mentubun, di Sigi, Minggu, 20 Maret 2022.
 
Baca: Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Teluk Bintuni, Papua Barat

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan intervensi optimalisasi lahan pertanian tersebut yakni bantuan Kementerian Pertanian dalam bentuk uang tunai kepada kelompok tani di daerah tersebut.
 
Lalu sistem pengairan akan menggunakan sumur dalam, karena saluran irigasi yang sebelumnya digunakan petani masih mengalami kerusakan parah, sehingga pemerintah mengambil langkah alternatif.
 
Di mana lahan-lahan yang akan digarap kembali berada di Kecamatan Dolo dan sekitarnya dengan skema integrasi, salah satunya sektor pertanian dan peternakan.
 
"Tahap awal skema integrasi sebagai program nasional akan di lalukan perpaduan komoditas jagung dan peternakan, sehingga secara simultan limbah tanaman jagung akan dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Seperti itu arah pengembangan ke depan," jelas Nelson.
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif