Relawan gabungan sedang melakukan evakuasi terhadap korban kebakaran yang terjadi di Jalan AW AW Sjahranie RT 14 Kelurahan Gunung Kelua, Kecamatan Samarinda Ulu, Kaltim. (ANTARA/ist)
Relawan gabungan sedang melakukan evakuasi terhadap korban kebakaran yang terjadi di Jalan AW AW Sjahranie RT 14 Kelurahan Gunung Kelua, Kecamatan Samarinda Ulu, Kaltim. (ANTARA/ist)

Ditabrak Mobil Sebuah Rumah di Samarinda Terbakar, 7 Orang Tewas

Nasional kebakaran rumah Ledakan Kalimantan Timur
Media Indonesia • 17 April 2022 10:49
Samarinda: Sebuah ledakan disusul kebakaran hebat terjadi di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu, 17 April 2022. Peristiwa itu menghanguskan sebuah toko kelontong dan menewaskan 7 orang penghuni rumah.
 
Diduga ledakan terjadi lantaran rumah yang juga toko kelontong itu ditabrak mobil yang melaju kencang saat jelang subuh. Peristiwa itu terjadi sekira pukul 04.20 Wita, tepatnya di Jalan AW
Sjahranie, Kelurahan Gunung Kelua, Kecamatan Samarinda Ulu.
 
Salah satu saksi mata menyebut, ketika warga tengah menjalankan ibadah sahur, terdengar suara tabrakan cukup keras disusul sebuah ledakan. Warga lantas berhamburan keluar rumah dan melihat salah satu toko kelontong sudah terkabar dengan kobaran api yang cukup besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya di dalam rumah baru mau ambil wudhu karena baru selesai sahur. Tiba-tiba ada suara
tabrakan keras seperti mobil menabrak rumah, lalu ada ledakan keras sekali," kata Jon salah satu saksi mata.
 
Menurut dia, mobil yang menabrak rumah tidak ikut terbakar namun dalam kondisi penyok. Sebaliknya dari dalam toko kelontong yang ditabrak langsung terjadi kebakaran api yang membesar. Belum diketahui pasti siapa pengendara mobil, karena saat warga berdatangan, mobil dalam keadaan kosong.
 
Baca: Petasan Menyambar Bensin, 6 Rumah di Tangerang Terbakar
 
"Mobilnya tidak meledak, yang meledak warungnya. Karena tabrakan sudah di dalam parit, toko itu bekas tertabrak," imbuhnya.
 
Tak berselang lama, petugas pemadam kebakaran dan relawan Damkar samarinda sudah memadati lokasi kejadian. Proses pemadaman cukup dramatis karena kobaran api sangat besar dan lokasi rumah warga yang sedikit padat.
 
Nahas, di dalam rumah yang terbakar diketahui ada korban yang tak sempat diselamatkan. Diduga, semua korban tengah tertidur pulas saat ledakan terjadi.
 
"Kami tidak tahu pasti ada berapa orang di dalam rumah itu, kalau tidak salah antara 6 atau 7 orang. Tapi waktu perisitiwa kebakaran terjadi, tak ada penghuni rumah yang keluar, padahal petugas sudah berupaya masuk ke dalam," ujarnya.
 
Pantauan di lapangan, pukul 06.30 Wita, petugas damkar tengah melakukan proses evakuasi pada korban meninggal menggunakan tandu. Petugas menemukan 7 jenazah korban meninggal di dalam rumah. ada pula 1 korban dengan luka parah. Jenazah dan korban luka itu kemudian dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.
 
"Ada 8 korban, 1 luka serius dan 7 orang MD. sudah di bawa ke RS," kata Nur Ahmad salah satu petugas relawan kebencanaan.
 
Hingga pukul 06.50 Wita, petugas masih melakukan penyemprotan dan pembasahan di lokasi karena masih terjadi percikan api kecil. Hingga saat ini pihak kepolisian masih berjaga di sekitar kejadian. Petugas juga mulai melakukan pemeriksaan dan menggaris tempat kejadian dengan garis polisi.
 
"Masih pendinginan, ada beberapa korban tewas dan sekarang masih proses pemeriksaan pihak kepolisian," ujarnya
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif