Bupati Gunungkidul, Sunaryanta (tengah). Medcom.id/mustaqim
Bupati Gunungkidul, Sunaryanta (tengah). Medcom.id/mustaqim

3,9 Juta Pemudik Diprediksi Masuk Gunungkidul

Nasional Mudik Lebaran Idulfitri 1443 Lebaran 2022
Ahmad Mustaqim • 20 April 2022 16:26
Gunungkidul: Sebanyak 3,9 juta pemudik diprediksi masuk Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kepolisian dan pemerintah setempat akan berupaya melancarkan lalu lintas dalam arus mudik dan balik lebaran.
 
Kepala Bagian Operasi Polres Gunungkidul, Komisaris Sunarto, mengatakan jajarannya sudah menyiapkan skenario bila terjadi kepadatan lalu lintas. Apalagi Kabupaten Gunungkidul menjadi tujuan wisatawan saat liburan.
 
"Sebanyak 3,9 juta itu bisa ditambah wisatawan yang berwisata di berbagai destinasi di Gunungkidul," kata Sunarto di Gunungkidul, Rabu, 20 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Polda Jateng Waspadai Kejahatan Modus Gendam Saat Mudik
 
Pos pengamanan dan pelayanan sudah diplot di sejumlah titik, terutama di jalur protokol. Selain itu, jalur ke destinasi wisata, seperti Pantai Baron dan Pulangsawal akan jadi perhatian.
 
"Kami lakukan koordinasi lintas sektoral di Gunungkidul untuk menyambut pemudik dan yang akan berwisata ke Gunungkidul saat libur idulfitri," jelasnya.
 
Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, mengatakan menjaga kelancaran lalu lintas dan keamanan saat libur idulfitri harus dilakukan pemerintah dan berbagai stakeholder. Ia menyebut kedatangan pemudik setelah dua tahun tidak pulang kampung harus dimaksimalkan pengamanan dalam berbagai aspek.
 
Ia berharap potensi kepadatan saat arus mudik, libur idulfitri, hingga arus balik bisa tertangani dengan baik. Menurut dia, jajaran pemerintah, polisi, TNI, hingga relawan harus siap dalam antisipasi itu.
 
"Jadi dibutuhkan satu koordinasi sinergi dalam mempersiapkan pengamanan perayaan idulfitri pada tahun ini, termasuk demi melayani pemudik yang wisatawan," ungkapnya.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif