Foto: BMKG Wilayah IV Makassar
Foto: BMKG Wilayah IV Makassar

Gempa 4,8 SR Guncang Luwu Timur

Nasional gempa bumi
Andi Aan Pranata • 02 Oktober 2018 18:14
Makassar: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mendeteksi gempa tektonik terjadi di wilayah kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, pada Selasa petang 2 Oktober 2018. Gempa dengan Magnitudo 4,8 Skala Richter itu berlangung pukul 17.45 Wita.
 
Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar Joharman mengatakan, hasil analisis menunjukkan bahwa episenter gempa berada di laut, padaa jarak 54 kilometer arah Barat Laut Luwu Timur. Gempa berpusat pada kedalaman sepuluh kilometer.
 
“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi dangkal ini terjadi akibat aktivitas Sesar Matano,” kata Joharman melalui siaran pers.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gempa di Luwu Timur diperkirakan berdampak hingga ke sejumlah daerah sekitar. Antara lain Kota Palopo dan Sorowako. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.
 
"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG,” kata Joharman.
 
Gempa di Luwu Timur tercatat sebagai yang ketiga di Sulsel dalam dua hari terakhir. Pada Senin 1 Oktober, gempa dua kali mengguncang kabupaten Sinjai. Masing-masing dengan Magnitudo 3,1. Sejauh ini belum ada laporan soal kerusakan akibat gempa.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif