Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Jateng Akan Dirikan 15 SMK Negeri Gratis

Nasional pendidikan
Mustholih • 15 Agustus 2019 19:12
Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana menambah jumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan rencana itu saat memimpin peringatan ulang tahun Jateng ke-69 di Lapangan Simpanglima, Semarang.
 
Ganjar mengutarakan keputusannya menambah jumlah SMK Negeri Jateng itu karena surat yang dikirimkan oleh seorang siswa SMK Negeri Jateng, Fajar Jaka Surya.
 
"Bapak, Ibu, surat ini dari anak kita yang senang sekali bisa sekolah gratis di SMK Negeri Jateng. Ternyata masih banyak anak kita yang kondisinya seperti ini," kata Ganjar di Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 15 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ganjar lalu memanggil Fajar maju menghadap ke tengah lapangan. Siswa asal Pemalang itu segera naik podium menyalami Ganjar. "Saya Fajar pak, yang mengirimkan surat ke Bapak," jelas Fajar.
 
Fajar mengaku atas nama ibunya ingin mengucapkan terimakasih kepada Ganjar karena bisa sekolah gratis lengkap dengan segala fasilitas di SMK Negeri Jateng. Fajar ingin program sekolah gratis seperti SMK Negeri Jateng ini diperbanyak lagi.
 
Menjawab permintaan itu, Ganjar menyatakan memang berniat mendirikan SMK Negeri Jateng lagi di 15 Kabupaten atau Kota se-Jawa Tengah. Program ini akan direalisasikan pada 2020.
 
Ganjar berujar kebijakan ini bagian dari ikhtiarnya membangun sumber daya manusia Jateng dengan pendidikan yang murah dan berkualitas. "Banyak yang ingin saya membangun gedung megah sebagai legacy. Tapi saya bilang membangun gedung itu mudah, tapi membangun manusianya jauh lebih penting," ujar Ganjar.
 
Sementara ini SMK Negeri Jateng baru berdiri di Kota Semarang, Pati, dan Purbalingga. Jumlah SMK Negeri Jateng akan bertambah menjadi 18 sekolah apabila direalisasikan tahun depan.
 
Ganjar kembali menegaskan rencananya menggratiskan biaya pendidikan untuk siswa SMA/SMK/SLB bagi siswa miskin. "Kami siapkan anggaran Rp 1,6 triliun. Kami juga telah menyediakan Rp100 miliar untuk beasiswa siswa miskin berprestasi," pungkas Ganjar.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif