Siswa antre menukarkan sampah plastik dengan telur bebek.
Siswa antre menukarkan sampah plastik dengan telur bebek.

Terobosan Tante Rosa Mengumpulkan Sampah Plastik

Nasional sampah lingkungan hidup
Rhobi Shani • 10 Agustus 2019 13:33
Jepara: Timbunan sampah di enam wilayah binaan Puskesmas Kedung II Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, cukup tinggi. Tak pelak kondisi itu mempengaruhi kesehatan masyarakat. Warga kerap menderita penyakit seperti batuk pilek, diare, dan disentri.
 
Guna mengurangi sampah, utamanya sampah plastik, Puskemas Kedung II meluncurkan program yang disebut Tante Rosa, yaitu akronim tabungan telur dari ekobrik sampah. Warga dapat menukarkan sampah plastik yang dibuat ekobrik dengan telur bebek.
 
Direktur Program Tante Rosa Puskesmas Kedung II, Nailufar Zulmi menyampaikan, pada peluncuran program Tante Rosa, setengah ton sampah terkumpul hanya dalam waktu singkat. Proram Tante Rosa digelar setiap Jumat di 23 titik di enam desa di Kecamatan Kedung. Yaitu di Desa Kedungmalang, Desa Karangaji, Desa Tedunan, Desa Surodadi, Desa Panggung dan Desa

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sampai sekarang sudah berjalan dua bulan. Sampah plastik yang terkumpul sudah ada setengah ton lebih,” ujar Zulmi, saat dihubungi Medcom.id, Sabtu, 10 Agustus 2019.
 
Sampai saat ini, Puskesmas Kedung II sudah mengeluarkan 600 butir telur bebek. Hingga akhir tahun ini, Puskemas Kedung II menyiapkan ratusan butir telur bebek yang dapat ditukar dengan ekobrik.
 
“Titik penukaran ekobrik kami rencanakan ditambah. Sehingga warga yang mau menukarkan sampahnya dekat. Warga bisa langsung menukarkan sampahnya dengan telur atau ditabung,” kata Zulmi.
 
Ekobrik yang sudah terkumpul akan dijadikan sebagai bahan bangunan. Untuk tahap awal, ekobrik digunakan penghias taman di depan Puskesmas Kedung II.
 
“Kalau sudah ada contohnya, harapan kami warga tertarik untuk memanfaatkan ekobrik, sebagai alternatif bahan bangunan atau pemanis,” ungkap Zulmi.
 
Zulmi berharap program Tante Rosa akan terus dijalankan hingga masalah sampah plastik dapat diatasi. Lantaran minimnya anggaran yang disiapkan Puskesmas Kedung II, tahun 2020 pemerintah desa diminta andil menjalankan program Tante Rosa.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif