ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Penumpang Bandara Internasional Juanda Pada Triwulan ketiga

Nasional penerbangan ekonomi daerah pandemi covid-19
Syaikhul Hadi • 19 Oktober 2020 20:48
Sidoarjo: Penumpang Bandara Internasional Juanda Surabaya mulai mengalami peningkatan di Triwulan ketiga masa pandemi covid-19. Hingga akhir September, bandara Juanda telah melayani 5 Juta penumpang.
 
"Terjadi pertumbuhan trafik yang cukup baik pada triwulan ketiga ini jika dibandingkan triwulan kedua lalu," kata General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Indah Preastuty, saat dikonfirmasi, Senin, 19 Oktober 2020.
 
Baca: Jabar Simulasi Suntik Vaksin Covid-19 di Depok Pekan Ini

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru sejak Juli berimbas pada jumlah penumpang yang dilayani oleh Bandar Udara Internasional Juanda, di mana 1,1 Juta penumpang merupakan kontribusi Triwulan III atau selama bulan Juli hingga September.
 
"Kami mencatat terjadi peningkatan hampir tiga kali lipat, yakni 411.716 penumpang di triwulan kedua dan 1.133.855 penumpang di triwulan ketiga, presentasenya cukup signifikan sejumlah 175 persen," jelasnya.
 
Menurutnya peningkatan ini masih didominasi penerbangan domestik. Sedangkan untuk internasional hingga saat ini masih terbatas melayani penerbangan repatriasi dan penerbangan terbatas sesuai aturan negara.
 
Indah kembali mengatakan pihaknya memprediksi adanya lonjakan jumlah penumpang pada triwulan keempat. Mengingat ada dua momen besar yakni Peringatan Hari Natal dan Tahun Baru 2021.
 
Tren pertumbuhan grafik peningkatan penumpang disebut masih akan terjadi di triwulan keempat.
 
"Ada libur panjang natal dan tahun baru. Makanya kami akan semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa bandara dengan mengedepankan penerapan protokol kesehatan di bandara," ungkapnya.
 
Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang, serangkaian upaya telah dilaksanakan, di antaranya penerapan protokolkesehatan mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, pemasangan alat pembersih tangan, pengaturan jarak di ruang tunggu, pemasangan stiker pembatas jarak antrian, hingga pembentukan tim sinergitas untuk patroli penerapan protokol kesehatan.
 
"Seluruh upaya tersebut selalu coba kami lakukan secara konsisten. Tentunya kami berharap hingga akhir tahun nanti baik arus pesawat, penumpang dan barang dapat terus meningkat," bebernya.
 

 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif