ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Boyolali Terdampak Hujan Abu Merapi

Nasional gunung merapi erupsi gunung
Triawati Prihatsari • 09 Januari 2021 15:13
Boyolali: Hujan abu tipis terjadi di beberapa dusun di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Gunung Merapi di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu pagi, 9 Januari 2021. Hujan abu terjadi setelah merapi mengeluarkan guguran awan panas.
 
Hujan abu terjadi sekitar pukul 09.00 WIB, setelah Merapi mengeluarkan guguran awan panas pada 08.45 WIB. Selain itu, hujan abu juga terjadi di sebagian kecil wilayah di Desa Tlogolele, Selo yang juga masuk KRB III.
 
"Tadi ada luncuran awan panas jadi wajar kalau ada hujan abu. Satu hari sebelumnya juga, namun karena arah angin ke Magelang, yang terkena dampak ya sana," terang Camat Selo, Joko Prihanto, di Boyolali, Sabtu, 9 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Sejak Kemarin, Gunung Merapi Muntahkan Lava Pijar 36 Kali
 
Sementara itu, terkait dengan para pengungsi Merapi, Joko mengatakan, sebanyak 150-an warga dari kelompok rentan telah kembali ke pengungsian di Balai Desa Tlogolele. Sebelumnya, mereka sempat kembali ke rumah masing-masing untuk merawat hewan ternak.
 
"Kami selalu menyampaikan kepada para pengungsi untuk tetap tinggal di pengungsian. Namun beberapa dari mereka ada yang memilih untuk kembali ke rumah setelah lama mengungsi. Mereka kelompok rentan termasuk lansia, anak-anak dan ibu hamil," ungkapnya.
 
Sebelumnya, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) merilis aktivitas Gunung Merapi berupa guguran lava sebanyak tujuh kali dengan jarak luncur maksimum 500 meter arah hulu Kali Krasak, Sabtu, 9 Januari 2021 pukul 06.00-12.00 WIB.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif