Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

Jatim Akan Terima 120 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 Tahap II

Nasional Virus Korona vaksin covid-19 Pencegahan Covid-19 Vaksinasi covid-19
Amaluddin • 15 Januari 2021 21:20
Surabaya: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan kembali mendistribusikan sebanyak 120 ribu dosis vaksin covid-19 Sinovac untuk Jawa Timur. Vaksin buatan Tiongkok itu akan tiba antara Februari dan Maret 2021.
 
"Perkiraan vaksin tahap dua bulan depan (Februari), kepastiannya nanti dikoordinasikan lagi," kata Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak, di Surabaya, Jumat, 15 Januari 2021.
 
Menurut Emil, vaksin tahap dua akan didistribusikan ke kabupaten/kota di Jatim yang belum menerima. Sebab, 77.760 vaksin tahap pertama diprioritaskan untuk wilayah Surabaya Raya, yakni Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada tahap awal memang hanya ada tiga daerah prioritas, tapi dalam waktu dekat harapannya proses vaksinasi dapat segera tersebar ke 38 kota dan kabupaten di Jatim," ujarnya.
 
Baca juga: KBM Tatap Muka di Tegal Diundur sampai 30 Januari
 
Sementara itu, Ketua Rumpun Kuratif Satgas Covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi, menambahkan distribusi vaksin dilakukan bertahap karena kemampuan cold storage di Jatim tidak mencukupi. Cold storage merupakan faktor penting karena suhu 2-8 derajat itu harus dimonitor setiap hari.
 
"Kalau isinya terlalu banyak melebihi kapasitasnya, berbahaya bagi kualitas vaksin," kata dia.
 
Joni melanjutkan, tim vaksinasi di meja screening vaksinasi akan menunjukkan vaksin sebelum disuntikan. Ini untuk memastikan vaksin dalam kondisi baik, dan layak. Menurutnya vaksin tidak akan berubah warna jika disimpan dengan benar.
 
"Kalau berubah warna, artinya kristalisasi vaksin dalam kondisi tidak bagus. Kemudian alat yang untuk suntik steril jarumnya tertutup, lalu metode penyuntikannya harus steril juga. Kalau sudah dilakukan secara steril angka infeksinya kecil dan tidak akan bengkak," jelasnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif