Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Pos Terpadu Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Selasa, 26 April 2022. Dokumentasi/ istimewa
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Pos Terpadu Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Selasa, 26 April 2022. Dokumentasi/ istimewa

Kapolri Imbau Pemudik Manfaatkan Layanan Posko Mudik

Nasional Mudik Lebaran Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Antara • 26 April 2022 21:53
Karawang: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat yang melakukan mudik untuk memanfaatkan pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu yang telah disiapkan untuk mendapatkan pelayanan. Sigit mengatakan layanan tersebut bertujuan menciptakan mudik yang aman, nyaman, dan sehat.
 
"Kita siapkan pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu yang bisa dimanfaatkan masyarakat yang kelelelahan dan ingin istirahat sehingga telah  disiapkan berbagai fasilitas pada pos tersebut. Masyarakat bisa beristirahat dan bagi yang berbuka puasa juga disiapkan takjil. Kami juga berupaya angka kecelakaan selama arus mudik bisa ditekan seminimal mungkin," kata Sigit di Pos Terpadu Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Selasa, 26 April 2022.
 
Baca: Tiket Kapal Malam dan Siang di Pelabuhan Merak Berbeda Harga

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sigit menjelaskan demi meningkatkan imunitas dan kekebalan terhadap virus covid-19, pos-pos tersebut juga disiapkan gerai vaksin guna melengkapi hingga dosis III atau booster.
 
Tak hanya itu Sigit mengungkapkan bahwa pihaknya juga telah menyiapkan strategi evakuasi apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan dan bencana alam. Bahkan polisi bekerjasama dengan PT. Pertamina akan menyiapkan tim mobile guna mengantisipasi pemudik yang kehabisan bensin ketika melakukan perjalanan.
 
Disisi lain, Sigit memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah melakukan mudik lebih awal sebagaimana imbauan dari Presiden Jokowi. Pasalnya, dari data yang diterimanya, telah terjadi peningkatan arus masyarakat yang hendak mudik.
 
Hal itu juga terlihat dari tinjauannya secara langsung ke Pelabuhan Merak pada hari ini yang telah terjadi kepadatan masyarakat untuk melaksanakan mudik.
 
"Di penyeberangan Merak yang tadinya tidak pernah ada pemberangkatan siang hari, tadi, seluruh dermaga dari 1 sampai 6 semua terisi. Dan kemudian diperlakukan status kuning. Jadi kuning itu sudah ada antrian tapi belum masuk tol kurang lebih 1 kilo dari jalur pintu tol paling akhir masuk dermaga," ungkap Sigit.
 
Dalam kesempatan ini Sigit kembali mensosialisasikan imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebih awal. Hal itu untuk mengurangi beban serta potensi kemacetan yang terjadi pada saat puncak arus mudik pada tanggal 28-30 April 2022.
 
Selain mengimbau mudik lebih cepat, Sigit juga menekankan bahwa, Polri bersama stakeholder terkait telah menyiapkan sejumlah strategi rekayasa lalu lintas (lalin) guna mencegah terjadinya kepadatan ketika puncak arus mudik terjadi.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif