Kawasan pembangunan danau buatan atau bozem di wilayah RWIX Kelurahan Blimbing, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.
Kawasan pembangunan danau buatan atau bozem di wilayah RWIX Kelurahan Blimbing, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

Kurangi Risiko Banjir, Pemkot Malang Bangun Danau Buatan

Daviq Umar Al Faruq • 13 April 2022 11:05
Malang: Pemerintah (Pemkot) Malang tengah membangun danau buatan atau bozem di wilayah RWIX Kelurahan Blimbing, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Pembangunan bozem ini dilakukan untuk menekan risiko genangan air dan banjir, terutama saat musim hujan.
 
Kawasan tersebut dipilih menjadi lokasi pembangunan danau buatan lantaran genangan air sering kali terjadi pada saat hujan deras. Terutama di kawasan Jalan Borobudur dan sekitar Persimpangan Blimbing.
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Diah Ayu Kusumadewi, mengaku telah berkomunikasi dengan kelurahan dan masyarakat setempat terkait pembangunan bozem. Sehingga proses konstruksi infrastruktur dapat segera dimulai dan berjalan lancar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami sudah komunikasikan dengan masyarakat. Desain pengembangan bozem ini juga mengakomodasi sejumlah aspirasi. Jadi, nantinya tidak hanya untuk menampung air saja, tapi juga bisa untuk refreshing warga dan pemberdayaan ekonomi. Tumpang sari lah istilahnya,” kata Diah, Rabu 13 April 2022.
 
Baca: Banjir Setinggi 1,5 Meter Rendam Jalan Lintas Timur Palembang-Betung
 
Diah menambahkan kolam eksisting yang saat ini terlihat akan ditambah kedalamannya sehingga kapasitas daya tampung bisa dua kali lipat. Bozem Blimbing direncanakan memiliki dimensi lebar lebih kurang 30,5 meter dengan panjang 39 meter dan kedalaman kolam sekitar 3 meter.
 
Diah mengaku upaya membangun bozem Blimbing di sejumlah lokasi lainnya juga bagian dari meningkatkan cadangan air tanah. Hal ini belajar dari pola yang juga sempat dilakukan pada zaman tata ruang Kota Malang era kolonial dahulu.
 
Sementara itu, Ketua RWIX Kelurahan Blimbing, Budi mengapresiasi langkah Pemkot Malang. Sebab, selain fungsi utama sebagai tampungan air, bozem Blimbing juga dilengkap jogging track. 
 
"Insyaallah warga mendukung karena memang ini sesuai dengan keinginan warga di sini,” ungkap Budi.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif