ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Vaksinasi Anak di Kulon Progo Disarankan di Faskes

Nasional pandemi covid-19 vaksin covid-19 protokol kesehatan PPKM Darurat
Ahmad Mustaqim • 28 Juli 2021 15:16
Kulon Progo: Vaksinasi covid-19 untuk anak usia 12-18 tahun di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan dimulai beberapa hari lagi. Pemerintah setempat lebih menganjurkan gelaran vaksinasi tersebut dilakukan di fasilitas kesehatan (faskes).
 
Juru bicara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk Penanganan Covid-19, Baning Rahayujati, mengatakan vaksinasi di faskes seperti di Puskesmas akan lebih aman.
 
"Kalau (vaksinasi) seperti di Puskesmas itu lebih baik. Namun tidak menutup kemungkinan sekolah juga dapat menggelar vaksinasi," kata Berty di Kulon Progo, Rabu, 28 Juli 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: TNI AU Siapkan 5.000 Dosis untuk Vaksinasi Massal di Plaza Pondok Gede
 
Dia mengatakan sekolah dipersilakan menggelar vaksinasi, namun Dalam pelaksanaannya, petugas dari Puskesmas akan datang ke sekolah untuk memberikan layanan vaksinasi itu.
 
Menurut dia sekolah yang akan menggelar vaksinasi harus bisa memenuhi persyaratan, mulai dari menyediakan tempat vaksinasi yang lapang dengan tujuan menghindari kerumunan hingga tempat khusus penyuntikan vaksin dan observasi.
 
"(Persyaratan sekolah menggelar vaksinasi) tidak terlalu rumit. Apalagi sekolah punya ruangan kelas yang banyak," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo tersebut.
 
Baning mengungkap vaksinasi di sekolah sudah dipastikan membutuhkan tenaga vaksinator dari faskes. Di sisi lain, vaksinasi untuk kelompok lansia dan kelompok rentan lain masih berjalan.
 
Data Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, total target sasaran vaksinasi di wilayah tersebut sebanyak 335.122 orang. Sekitar 22,82 persen sudah mendapat dosis pertama dan baru 9,24 persen yang disuntik dosis kedua.
 
Sementara jumlah pelajar tingkap SMP-SMA di Kulon Progo sebanyak 36.156 anak. Sebanyak 15.151 anak merupakan siswa SMP serta 16.056 anak berstatus siswa SMA dan SMK. Lalu ada 4.949 anak merupakan siswa di bawah naungan Kementerian Agama, seperti MTs dan MA.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif