Ilustrasi. (Foto: Antara/Fakhri Hermansyah)
Ilustrasi. (Foto: Antara/Fakhri Hermansyah)

Kamera Tilang Elektronik di Banda Aceh Deteksi 5.614 Pelanggar

Nasional Pelanggaran Lalu Lintas sistem tilang elektronik aceh
Fajri Fatmawati • 15 September 2021 20:55
Banda Aceh: Direktorat Lalu lintas (Ditlantas) Polda Aceh mulai memasang kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di sejumlah jalan protokol Kota Banda Aceh. Sebanyak 5.614 pelanggar lalu lintas terdeteksi.
 
Direktur Lalu lintas (Dirlantas) Polda Aceh, Kombes Dicky Sondani, mengatakan ada 20 kamera elektronik yang telah terpasang.
 
"Data pelanggaran yang terdeteksi oleh camera CCTV ETLE pada hari pertama kemarin, dari pukul 09.00 WIB sampai 21.00 WIB sebanyak 5614 pelanggaran lalu lintas," kata Dicky di Banda Aceh, Rabu, 15 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Banjir Lahar Semeru Seret Truk Pasir
 
Dicky menjelaskan kamera tilang elektronik tersebut saat ini dalam tahap sosialisasi hingga satu bulan ke depan. Setelah itu kamera elektronik akan bekerja dan para pelanggar akan ditindak sesuai undang-undang berlaku.
 
"Kamera tilang ini akan melakukan deteksi pelanggaran lampu merah, tidak pakai helm, menggunakan handphone saat mengendarai kendaraan dan lain-lain," jelasnya.
 
Dicky mengungkapkan jika kamera tilang sudah diberlakukan secara resmi, maka tilang akan berjalan terus selama 1x24 jam. Kamera tilang tersebut juga dapat membaca pelat nomor kendaraan sehingga keberadaan alamat pelanggar lalu lintas dapat diketahui.
 
Berkas tilang nantinya dikirim ke rumah melalui jasa pengirimian Kantor POS. Apabila pelanggar tidak mau membayar denda tilang, maka kendaraannya akan diblokir di Samsat. Kemudian jika pemilik kendaraan bermotor tidak sesuai dengan STNK, maka yang mendapat tilang tetap pemilik kendaraan sesuai nama di STNK.
 
"Karena itu, saya mengimbau kepada masyarakat apabila beli kendaraan bermotor bekas agar balik nama, supaya pemilik kendaraan lama tidak menjadi korban tilang," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif