NEWSTICKER
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

WN Inggris Penumpang Kapal Columbus Diisolasi di RS Kariadi

Nasional Virus Korona
Mustholih • 15 Maret 2020 18:30
Semarang: Seorang penumpang kapal pesiar MV Columbus diisolasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dokter Kariadi, Semarang, Jawa Tengah. Penumpang perempuan berkewarganegaraan Inggris itu terindikasi gejala mirip virus korona.
 
"Dari foto rontgen paru-paru, sesuai kriteria pasien dalam pengawasan," kata Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Dokter Kariadi, Agoes Oerip Poerwoko, di Semarang, Jawa Tengah, Minggu, 15 Maret 2020.
 
Agoes mengatakan belum ada hasil laboratorium yang memastikan penumpang MV Columbus itu terpapar virus korona. Namun, lantaran kapal MV Columbus memiliki riwayat perjalanan ke negara-negara terpapar virus korona, RS Kariadi menerapkan standar penanganan sebagai pasien dalam pengawasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat screening oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan, naik turun kapal, semua baik, melihat suhu baik. beberapa saat kemudian, pasien ini sakit," kata Agoes.
 
Baca juga:20 ODP Warga Bogor Negatif Korona
 
Menurut Agoes, WN Inggris itu sedang mendapatkan perawatan di ruang isolasi RS Kariadi. "Ada suaminya, tidak sakit. Tapi kita terapkan sebagai orang dalam pengawasan," jelas Agoes.
 
Sejauh ini, lanjut dia, RS Kariadi merawat delapan pasien dengan status dalam pengawasan. Mereka terdiri dari dua warga asing dan enam warga Semarang.
 
"WNA dari Prancis dan Inggris. Yang Inggris penumpang kapal Columbus. Sedangkan yang Prancis ada kunjungan dari Malaysia," kata dia.
 
Agoes menambahkan salah satu pasien dengan status dalam pengawasan dinyatakan positif terinfeksi covid-19. Sedangkan pasien lain masih menunggu hasil laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan pada Kementerian Kesehatan.
 
"Enam WNI dari semarang ada riwayat perjalanan dari Jakarta. Karena daerah terjangkit, pasien dengan gejala (korona) itu dianggap kriteria PDP. Ada juga yang riwayat kontak dengan pasien di Singapura," pungkasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif